KLINIK PROPOSAL PENELITIAN HIBAH KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019 (PENDANAAN TAHUN 2020-2022)

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9, dosen wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kemenristekdikti berupaya agar para dosen semakin banyak menghasilkan penelitian. Untuk mendukung hal tersebut, Kemenristekdikti memberikan hibah penelitian tahun 2019 bagi proposal penelitian para dosen yang lolos untuk didanai.

Pada Kamis, 8 Agustus 2019 lalu, UNJ mengadakan Acara Klinik Proposal Penelitian Hibah Kemenristekdikti Tahun 2019 yang diikuti oleh para dosen yang tertarik untuk mengajukan proposal penelitian. Acara tersebut dihadiri oleh Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd dan Madame Dr. Amalia Saleh, M.Pd. dari prodi Pendidikan Bahasa Prancis.

Acara tersebut membahas mengenai roadmap, kiat, dan tips dalam penyusunan proposal penelitian dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Mudasir, M.Eng dari Universitas Gadjah Mada dan Prof. Dr. Ida Hamidah, M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia. Setelah penyampaian materi, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok soshum dan saintek untuk berdiskusi bersama narasumber. Diskusi ini bertujuan untuk mengetahui apakah tema yang dipilih menarik untuk diajukan. Acara diakhiri dengan berfoto bersama dan pembuatan grup whatsapp untuk berdiskusi secara online. (yl)