PRESENTASI BUKU AJAR CLE DAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA PRANCIS DENGAN AKTIVITAS LUDIQUE DARI INSTITUT FRANÇAIS D’INDONESIE

Penguasaan suatu bahasa asing, terutama bahasa Prancis dapat dimulai dengan membuat pembelajaran yang menarik. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Institut Français d’Indonesie (IFI) membuat workshop selama dua hari yang dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 1 dan 2 Agustus 2019. Bertempat di IFI Thamrin, acara tersebut dihadiri oleh guru SMA di Jakarta dan pengajar bahasa Prancis di IFI Jakarta berjumlah 20 peserta. Acara tersebut dihadiri pula oleh dosen prodi Prancis UNJ, Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd.

Pada hari pertama, peserta mempelajari bahasa Prancis khusus terkait Français sur Objectifs Spécifique (FOS), khususnya pariwisata. Para peserta mendapatkan informasi tentang apa yang dimaksud bahasa Prancis untuk tujuan khusus (FOS). Untuk mendukung hal tersebut, IFI memperkenalkan buku Méthode terbaru terbitan CLE International berjudul Bon Voyage untuk niveau A1 dan A2.

Kemudian pada hari kedua, Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd. menjadi moderator pada acara apprendre à motivé, motivé à apprendre. Kali ini peserta belajar bagaimana cara mengajar untuk publik terutama remaja dan anak-anak. Peserta juga dilatih untuk memotivasi pembelajaran dengan aktivitas ludique atau aktivitas pembelajaran berbasis permainan untuk diterapkan dalam kelas bahasa Prancis.

Dengan adanya workshop tersebut, peserta sebagai pengajar dapat menerapkan pembelajaran FOS yang menarik bagi para siswanya. Selain itu, para siswa juga semakin termotivasi untuk belajar bahasa Prancis dengan adanya aktivitas ludique yang menyenangkan. (yl)