PRANCIS Kegiatan WORKSHOP MERANCANG DAN MELAKSANAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI PEMBELAJARAN DI UNJ TAHAP III

WORKSHOP MERANCANG DAN MELAKSANAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI PEMBELAJARAN DI UNJ TAHAP III

WORKSHOP MERANCANG DAN MELAKSANAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI PEMBELAJARAN DI UNJ TAHAP III post thumbnail image

Era revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia membuat tingkat persaingan semakin ketat. Salah satu aspek yang mendukung hal tersebut adalah peningkatan SDM dengan mengubah metode pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ada sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini bagi institusi pendidikan tinggi, terutama UNJ. UNJ tidak henti-hentinya memfasilitasi para dosen dan tenaga pendidiknya agar mampu menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui Workshop Merancang dan Melaksanakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pembelajaran di UNJ Tahap III.

Acara ini merupakan lanjutan dari acara yang telah dilaksanakan sebelumnya pada Sabtu, 4 Mei 2019 dan 29 Juni 2019 lalu. Acara lanjutan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 30 Juli 2019 di Aula Maftuchah Yusuf. Acara yang dimulai pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB tersebut dihadiri oleh Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. beserta para dosen dari prodi lain se-UNJ.

Pada kesempatan kali ini, para peserta mempraktikkan aplikasi Quizizz, Appypie, dan Edmodo. Aplikasi Quizizz tidak jauh berbeda dengan aplikasi Kahoot yang pernah dipelajari sebelumnya. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menarik untuk diterapkan sebagai kuis pembelajaran. Selanjutnya peserta belajar membuat aplikasi dari Appypie, banyak materi yang dapat dimasukkan didalamnya. Terakhir, para peserta mempelajari aplikasi Edmodo. Edmodo adalah aplikasi yang menciptakan sebuah titik pertemuan online untuk para guru dan siswa agar dapat berhubungan dan berkolaborasi.

Setelah mendapatkan materi yang menarik dari Dr. Cepi Riyana, M.Pd., Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UPI tersebut, diharapkan agar para dosen dan tenaga pendidik di UNJ mampu menerapkan aplikasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran dalam kelas. (yl)

Related Post