WORKSHOP MERANCANG DAN MELAKSANAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI PEMBELAJARAN DI UNJ TAHAP II

Pada Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB telah berlangsung acara Workshop Merancang dan Melaksanakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pembelajaran di UNJ Tahap II. Acara ini merupakan lanjutan dari acara yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 4 Mei 2019. Prodi Pendidikan Bahasa Prancis mengirimkan perwakilannya, Mademoiselle Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. pada acara tersebut.

Para peserta mempraktikkan pembuatan QR Code, hyperlink, hypertext, dan hypercontent sebagai pendukung bahan ajar agar mempermudah mahasiswa dalam mengakses materi yang akan disampaikan sebelum perkuliahan berlangsung. Selanjutnya, peserta mencoba aplikasi Zoom. Peserta dilatih untuk merekam diri sendiri dengan memberikan materi yang akan diajarkan melalui powerpoint dengan aplikasi Zoom. Terakhir, para peserta mempelajari cara bergabung di Google Classroom dan membuat kelas sendiri di aplikasi tersebut. Acara tersebut bertujuan agar para dosen mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran.

Pada dasarnya, materi yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Acara ini bertujuan untuk memberikan peluang bagi mahasiswa yang kurang tertarik berbicara di depan publik dengan memberikan engagement lebih tinggi dengan aktif memberikan komentar atau bertanya melalui aplikasi-aplikasi pembelajaran berbasis IT dengan menghadirkan Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. dan Cecep Kustandi, M.Pd sebagai narasumber. Selain itu, mahasiswa akan mendapat lebih banyak materi pembelajaran dengan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah diakses. (yl)