OBSERVASI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (P2M) PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS DI PULAU TIDUNG

Sebelum memulai suatu penelitian, hendaknya dimulai dengan melakukan observasi ke tempat yang akan dijadikan lokasi penelitian. Begitu pula dengan yang dilakukan oleh salah satu tim P2M prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ.

Pada Selasa – Rabu, 25 – 26 Juni 2019, Mademoiselle Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. beserta seorang mahasiswa, Helena melakukan observasi di Pulau Tidung bersama dengan perwakilan dosen dari berbagai prodi di FBS.

Pulau Tidung, salah satu kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia merupakan salah satu pulau yg menarik dikunjungi. Berangkat dari Dermaga 17 di Pantai Marina, Ancol, kita akan menempuh perjalanan selama 2 jam ditemani deburan ombak melewati beberapa pulau lainnya yg tak kalah cantik. Di sini, mayoritas penduduknya menggunakan sepeda, walaupun motor dan bentor tak luput pula dijumpai. Banyak tempat penyewaan sepeda dengan harga Rp 15.000 per hari.

Di pagi hari kita bisa melihat kecantikan matahari terbit dengan mengendarai sepeda selama +-15 menit ke Jembatan Cinta. Air yg jernih dan pemandangan laut yg memesona sudah menantimu. Dari Jembatan Cinta, kita bisa lanjut ke Pulau Tidung Kecil untuk melihat museum kerangka paus dan tempat penangkaran penyu. Sore harinya, Saung Sunset menjadi tempat yg ramai dikunjungi oleh wisatawan dan warga setempat. Pesona matahari terbenam akan menghilangkan lelahmu setelah menempuh perjalanan dengan sepeda selama +-30 menit.

Sejarah dan pesona alam Pulau Tidung tersebut menarik minat tim Prodi PBP untuk membuat profil wisata dalam bahasa Prancis. Selanjutnya, penelitian akan dilaksanakan pada 5 – 7 Agustus 2019. (yl)