DOSEN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN MENTAL HEALTH FIRST AID

Pada Rabu, 26 Juni 2019, salah satu dosen Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ mengikuti kegiatan Pelatihan Mental Health First Aid. Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. hadir untuk mengetahui berbagai permasalahan mahasiswa dan mengetahui solusi dari permasalahan tersebut. Mengingat banyaknya permasalahan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus, maka para dosen diusahakan mampu membantu memecahkan masalah mahasiswa dengan memberikan solusi terbaik. Hal ini bertujuan agar permasalahan mahasiswa tidak berlarut-larut dan menghambat proses belajarnya.

Acara tersebut diisi oleh materi dari Tim UPT-LBK UNJ. Para peserta diajak praktik secara langsung dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari beberapa dosen. Mereka berdiskusi dengan menceritakan permasalahan yang pernah terjadi di prodinya masing-masing. Kemudian secara bergantian praktik menjadi mahasiswa yang sedang memiliki permasalahan. Selanjutnya, mereka secara bergantian praktik menjadi dosen yang membantu menyelesaikan  permasalahan dengan menuntun mahasiswa mencari jalan keluarnya.

Pada dasarnya, mahasiswa menentukan solusi atas permasalahan mereka sendiri. Para dosen bertugas menuntun mahasiswa dengan memberikan saran terkait mana yang baik dan buruk serta bagaimana konsekuensi apabila mahasiswa mengambil berbagai pilihan atas solusi permasalahannya. Kemudian, mahasiswa menentukan solusi setelah melakukan bimbingan konseling dengan dosen. Dengan demikian, diharapkan agar para mahasiswa tidak terpaku pada masalahnya dan dapat menyelesaikan studinya dengan lancar. (yl)