MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS UNJ JADI JUARA 2 PADA LOMBA LA SEMAINE FRANÇAISE DI UPI

Di setiap universitas yang di dalamnya terdapat prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP), terdapat acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh universitas tersebut, yaitu La Semaine Française. Pada 22–25 April 2019 telah diselenggarakan acara La Semaine Française di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Acara yang berlangsung di gedung Geugeut Winda UPI tersebut dimulai dengan pendaftaran peserta, pembayaran, serta konfirmasi pembayaran. Selanjutnya, para peserta diberikan 3 teks dan diminta untuk memilih salah satunya untuk dijadikan bahan yang akan dilombakan. Pada lomba tersebut, terdapat 3 lomba yang diadakan, seperti lomba membaca puisi, membaca berita, dan pidato berbahasa Perancis. Ketiga lomba tersebut dibedakan atas dua kategori, yaitu untuk kategori SMA dan mahasiswa.

Azalia Nurul Balgis, mahasiswa angkatan 2017 PBP UNJ, terpilih menjadi juara ke-2 pada lomba membaca puisi yang ia ikuti. Awalnya, ia tertantang ikut lomba karena belum pernah mengikuti lomba semacam itu pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, ia juga ingin menambah pengalaman dengan mengikuti lomba tersebut. Azalia dan beberapa rekannya mencoba mendaftar pada lomba tersebut. Saat itu, ia memilih sebuah puisi bertema percintaan berjudul Beaucoup d’Amour karya Pierre-Jean de Béranger. Walaupun persiapan yang dilakukan hanya satu jam sebelum lomba, nyatanya Azalia mampu membuktikan bahwa ia bisa melakukannya.

Pada 25 April 2019, Azalia dinyatakan sebagai juara kedua lomba membaca puisi pada acara La Semaine Française di UPI. Ketika dinyatakan sebagai juara, ia merasa kaget dan tidak menyangka akan hasilnya. Menurutnya, penampilan peserta lain tidak kalah bagusnya. Mereka juga memiliki persiapan yang matang. “Saya kaget saat tahu hasilnya, karena niat saya hanya ingin mencoba”, tuturnya. “Untuk teman-teman, kalau ada kegiatan lomba coba diikuti, lebih baik lagi jika kita bersiap-siap terlebih dahulu. Jadi walaupun kita merasa deg-degan, kita tetap optimis”, tutupnya. (yl)