REVIEW PROPOSAL PENELITIAN DAN P2M DOSEN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) merupakan kewajiban seorang dosen, selain mengajar. Pada UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Bab 1 Pasal 1, menyebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, seluruh dosen Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ melaksanakannya dengan mengajukan proposal penelitian dan P2M ke Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ. Para dosen membuat proposal secara berkelompok, baik dengan sesama dosen maupun dengan pelibatan mahasiswa. Proposal tersebut kemudian diunggah dan dikumpulkan untuk mengajukan dana ke pihak FBS.

Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang telah dikumpulkan tersebut lantas direvisi oleh reviewer. Bertempat di Hotel Onih, Bogor, para reviewer yang juga merupakan seluruh Koordinator Prodi yang ada di FBS melakukan review proposal. Dari prodi PBP, diwakili oleh Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. yang hadir untuk mereview proposal dosen PBP lainnya.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 18 April 2019 pukul 08.00 s.d. selesai ini akhirnya menghasilkan simpulan bahwa untuk melewati tahap berikutnya, seluruh proposal tersebut harus direvisi. Selanjutnya, pihak fakultas akan membuatkan kontrak penelitian dengan judul yang sudah direvisi. Setelah itu, FBS akan menurunkan dana secara bertahap dan para dosen dapat memulai penelitian dan P2M yang telah direncanakan sebelumnya. (yl)