Simulasi Rapat Dewan OIF – La Semaine De La Francophonie

Kamis, 21 Maret 2019 telah diselenggarakan Simulasi Rapat Dewan Organisation internationale de la Francophonie 2019. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara pada minggu Francophonie. Acara ini berlangsung di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Acara ini berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Acara ini merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahunnya. Sebagai bagian dari simulasi rapat dewan, acara ini juga merupakan lomba debat berbahasa Prancis untuk tingkat mahasiswa. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia. Pada tahun ini tema yang dibawakan adalah Politik Bahasa. Sebagai salah satu bahasa yang paling banyak diucapkan di seluruh dunia, negara-negara Francophonie tertarik untuk melakukan politik bahasa. Peserta yang hadir mensimulasikan kondisi seperti rapat dewan negara-negara francophone sebenarnya. Peserta lomba berperan sebagai delegasi dari negara-negara Francophonie. Juri-juri yang hadir juga merupakan pewarkilan langsung dari kedutaan besar negara-negara Francophonie seperti Prancis, Kanada, Belgia, dan sebagainya.

Pada kesempatan tahun ini Universitas Negeri Jakarta berhasil keluar sebagai juara kedua dalam lomba debat rapat dewan OIF. Perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis tersebut adalah Nabilla Widyamurti, Sukma Ramadhan, dan Hasyifa Fermitha. Mereka berhasil memenangkan juara kedua setelah berperan sebagai delegasi dari Swiss.