Pelatihan Pemanfaatan TIK dan Big Data dalam Pembelajaran Bahasa dan Seni

Senin dan Selasa, 17 dan 18 Desember 2018 telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan TIK dan Big Data dalam Pembelajaran Bahasa dan Seni. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini turut mengundang beberapa perwakilan dari masing-masing prodi yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Pada kesempatan kali ini, madame Evi Rosyani Dewi dan madame Ratna hadir sebagai perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan dalam rangka memperkaya ilmu pengetahuan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri 4.0 di Fakultas Bahasa dan Seni. Kegiatan ini dimulai pada senin pagi dengan sambutan dari Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Beliau menyampaikan ceramah singkat tentang pentingnya pemanfaatan TIK dalam bidang kebahasaan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh bapak Totok Suhardjanto. Beliau merupakan dosen dari Universitas Indonesia. Beliau membawakan materi yang berjudul Pemanfaatan TIK dan Big Data untuk Kajian Kebahasaan. Beliau menjelaskan tentang sumber daya baru yang berbentuk data. Data tersebut nantinya akan diolah sedemikian rupa sehingga dapat mempermudah dalam menangani suatu pekerjaan termasuk kebahasaan. Beliau juga menjelaskan apa saja bidang kebahasaan yang terhubung dengan data besar tersebut.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama dua hari diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru sekaligus memperkaya kemampuan bidang kebahasaan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta dalam menghadapi era baru. Era ketika semua hal dapat dibuat dan diubah dalam bentuk digital.