PKMP 2018

Jumat – Minggu, 5 – 7 Oktober 2018 telah dilaksakan kegiatan PKMP 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Pada tahun ini kegiatan PKMP dilaksanakan di Villa Sopo Tumbur, Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan kali ini, madame Evi Rosyani Dewi hadir sebagai pembimbing kegiatan PKMP tahun ini.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai pada jumat sore. Pada pukul 15.00 peserta PKMP dikumpulkan di pendopo Prodi Pendidikan Bahasa Perancis untuk diberikan penyuluhan sekaligus mengondisikan persiapan keberangkatan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan oleh ketua Prodi Pendidikan Bahasa Perancis, madame Sri Harini Ekowati. Beliau memberikan ceramah dan motivasi singkat sebelum peserta berangkat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah. Dan peserta berangkat dari Universitas Negeri Jakarta pada pukul 19.00. Peserta sampai di tempat tujuan pada pukul 23.00 kemudian peserta langsung diarahkan untuk ke kamar yang telah ditentukan sebelumnya dan peserta diharuskan untuk tidur dan beristirahat.

Kemudian pada hari kedua, kegiatan dimulai dari sabtu pagi tepatnya pada pukul 04.00. Kegiatan hari ini dimulai dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. Kemudian setelah salat, peserta diarahkan untuk senam pagi. Kegiatan senam pagi berlangsung selama setengah jam. Setelah senam, peserta dipersilakan untuk membersihkan diri. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi. Ada lima materi yang diberikan pada hari ini. Pertama, materi dengan judul “Management Advokasi” yang dibawakan oleh Imam Bagja. Kedua, materi dengan judul “Kepekaan Sosial” yang dibawakan oleh panitia PKMP. Ketiga, materi dengan judul “Kepemimpinan Management Organisasi” yang dibawakan oleh Rizky Dwi P. Keempat, materi dengan judul “Pergerakkan Mahasiswa” yang dibawakan oleh Ahmad Firdaus. Dan yang kelima, materi dengan judul “Kapita Selekta BEMP PBP 2018/2019” yang dibawakan oleh BEM Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Kegiatan pemberian materi ini berlangsung dari pagi hingga sore hari. Kemudian pada hari ini berakhir dengan kegiatan evaluasi oleh panitia PKMP bersama dengan para peserta.

Kemudian pada hari ketiga, kegiatan dimulai dari minggu pagi. Kegiatan diawali dengan salat subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan kajian keagamaan sampai pukul 7 pagi. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan senam pagi, permainan-permainan, dan yel-yel. Kemudian pada pukul setengah sepuluh pagi peserta dipersilakan untuk bersih-bersih dan merapikan kamar dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama. Kegiatan pada hari ini diakhiri dengan penutupan pada pukul 11.00 dan peserta beserta panitia pulang kembali ke Jakarta.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini mahasiswa baru diharapkan dapat memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan mengembangkan diri, baik di dunia akademik maupun di kehidupan sehari-hari.