Workshop Pengenalan Big Data

Senin, 1 Oktober 2018 telah diadakan acara Workshop Introducing to Big Data. Acara ini merupakan lanjutan dari workshop sebelumnya. Namun acara ini lebih difokuskan kepada pembekalan materi pengantar data besar (Big Data). Acara ini berlangsung di Ruang Sidang 1 FMIPA, Gedung Asj’arie, Univeritas Negeri Jakarta. Acara ini dimulai pada pukul 9 pagi dan berakhir pada jam 3 sore.

Acara ini turut mengundang masing-masing perwakilan prodi dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Negeri Jakarta. Pada kesempatan kali ini, madame Evi Rosyani Dewi berkesempatan untuk hadir sebagai perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta.

Acara kali ini dimulai pada pagi hari dan dimulai dengan sambutan ketua pelaksana. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang data besar (Big Data). Pada kesempatan kali ini bapak Prof. Dr. Eko Indrajit hadir sebagai narasumber untuk menyampaikan materi. Adapun materi yang disampaikan berupa pengenalan tentang data besar, pengolahan data besar, dan pengaruh data besar bagi dunia. Pada acara ini juga hadirin diberi pelatihan dalam menggunakan perangkat lunak untuk mengumpulkan data dan mengolah data sehingga nantinya akan menjadi data besar. Acara ini dimaksudkan sebagai pembekalan materi untuk mata kuliah Pengantar Pemrograman dan Data Besar yang baru saja diluncurkan di Universitas Negeri Jakarta tahun ini. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum sehingga semua mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta dapat mengambil mata kuliah ini.