Wisuda Universitas Negeri Jakarta 2018

Selasa, 25 September 2018 telah dilaksanakan kegiatan Wisuda Universitas Negeri Jakarta. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dua kali dalam setahun. Pada kesempatan kali ini acara Wisuda dimaksudkan untuk meluluskan mahasiswa semester genap 2018. Acara ini berlangsung di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat. Pada kesempatan kali ini juga Universitas Negeri Jakarta meluluskan 3944 wisudawan yang terdiri dari mahasiswa D3, S1, S2 dan S3. Dan pada kesempatan kali ini, madame Sri Harini Ekowati berkesempatan hadir sebagai perwakilan dari Program Pendidikan Bahasa Perancis.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari PLT. Rektor Universitas Negeri Jakarta, bapak Prof. Intan Ahmad. Beliau menyoroti tentang “Pendidikan dan Pekerja (Education and Employment)”. Bapak PLT Rektor menjelaskan bahwa pada tahun 2012 hubungan antara pendidikan dan pekerjaan (education to employment), atau relevansi pendidikan dengan pekerjaan di seluruh dunia, baik pemerintah dan sektor bisnis menghadapi masalah besar, yaitu pengangguran terdidik dan kurang tersedianya tenaga kerja dengan kompetensi (critical skills) yang memadai. Beliau juga menghimbau kepada para wisudawan agar banyak yang menjadi wirausahawan, pencipta lapangan kerja, dan bukan pencari kerja. Selain itu, para lulusan juga diharapkan dapat menciptakan Iptek sebagai konsep utama daya saing dan pembangunan bangsa, termasuk tentunya dalam menyikapi revolusi industri ke-4.

Pada kesempatan kali ini juga, Universitas Negeri Jakarta menghadirkan seorang tokoh muda inspiratif yang menyampaikan orasi ilmiah untuk memotivasi para wisudawan. Beliau adalah Adamas Belva Syah Devara, CEO dan co-founder Ruangguru.com, sebuah perusahaan start-up di bidang pendidikan yang berhasil memberikan dampak positif untuk pendidikan Indonesia.