Conférence Internationale sur le Français 2018

Rabu, 19 September 2018 telah dilaksanakan acara seminar internasional di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Acara tersebut bernama “Conférence Internationale sur le Français2018”. Pada kesempatan kali ini tema yang dibawakan adalah “Le français: réflexion sur les défis mondiaux”. Acara ini diselenggarakan oleh kolaborasi tiga pihak yaitu, Prodi Bahasa Perancis Universitas Gajah Mada, l’Association de Professeursde Français d’Indonésie (APFI), dan l’Institut Françaisd’Indonésie (IFI). Acara ini berlangsung di Fakultas Ilmu dan Budaya, Universitas Gajah Mada.

Pada kesempatan kali ini Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta mengirim beberapa perwakilan diantaranya, Madame Dian Savitri, Madame Amalia Saleh, Madame Ninuk Lustyantie, Madame Ratna dan Madame Evi Rosyani Dewi.

Seminar pada kesempatan kali ini fokus mendiskusikan tentang perkembangan bahasa Perancis dalam komunikasi global, karena secara tidak langsung Perancis sedang memasuki persaingan ketat dengan beberapa bahasa internasional lainnya, terutama bahasa Inggris. Pada seminar kali ini terdapat empat pembicara yaitu Madame Wening Udasmoro (dosen bahasa Perancis dari Universitas Gajah Mada), Monsieur Tran Van Cong (ahli sastra Perancis dari Vietnam), Monsieur Jean Couteau (sejarawan, budayawan, dan penerjemah dari Perancis), dan Duta Besar Perancis untuk negara Indonesia, Monsieur Jean-Charles BERTHONNET. Acara ini dimulai dengan sambutan dari Bapak Duta Besar Perancis, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dibawakan oleh para pembicara. Dan kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Acara ini bertujuan untuk saling berbagi ide-ide dan studi penelitian tentang bahasa, sastra, budaya, dan pengajaran bahasa Perancis, baik secara eksklusif atau dengan komparasi dengan bahasa Indonesia.