PKKMB Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018

Rabu – Jumat, 5-7 September 2018 telah dilaksanakan kegiatan PKKMB Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Acara ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari pagi hingga sore hari. Acara ini merupakan perbekalan bagi mahasiswa baru untuk bisa beradaptasi dengan kegiatan perkuliahan.

Pada hari pertama, acara dimulai pada pagi hari tepatnya pukul 6 pagi. Acara dimulai dengan sambutan ketua BEM ProdiPendidikan Bahasa Perancis, Faizal Fajar. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan organisasi BEM ProdiPendidikan Bahasa Perancis. Setelah perkenalan selesai, acara dilanjutkan dengan presentasi tugas yang telah diberikan kepada mahasiswa baru. Tugas tersebut berupa membuat presentasi tentang kebudayaan Perancis.

Acara selanjutnya adalah Talk Show dengan Mahasiswa Berprestasi Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Pada kesempatan kali ini pembicaranya adalah Mahasiswa Berprestasi tahun 2018 yaitu Pramelia Hapsari dan Talitha Sabrina. Talk Show ini membicarakan bagaimana caranya bisa menjadi mahasiswa berprestasi tanpa mengganggu kualitas akademik. Dalam Talk Show ini juga berbagi pengalaman seputar organisasi. Setelah acara Talk Show selesai, mahasiswa baru berlatih Yel-Yel sebagai penyemangat kegiatan hari ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan dosen-dosen yang mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta. Pengenalan dimulai dari ketua Prodi Pendidikan Bahasa Perancis, madame Sri Harini Ekowati kemudian dilanjutkan dengan madame Asti Purbarini, madame Yusi Asnidar, madame Ratna, madame Amalia Saleh, madame Dian Savitri, madame Evi Rosyani Dewi, dan monsieur Subur Ismail.Setelah pengenalan dosen selesai, acara dilanjutkan dengan pengarahan pengisian KRS untuk mahasiswa baru. Acara pada hari ini diakhiri dengan persiapan yel-yel.

Pada hari kedua, acara dimulai pukul 7 pagi. Acara dimulai dengan pemberian materi kepada mahasiswa. Materi pertama yang diberikan berjudul “Keberhasilan Pembelajar Pemula”. Materi tersebut dibawakan oleh madame Sri Harini Ekowati, madame Amalia Saleh, dan madame Evi Rosyani Dewi. Kemudian acara berlanjut dengan pemberian materi kedua yang berjudul “Strategi Lulus 4 Tahun dan Lulus DELF B2”. Materi tersebut dibawakan oleh madame Dian Savitri dan madame Asti Purbarini. Pemberian kedua materi tersebut berlangsung dari pagi hingga siang hari. Kemudian setelah istirahat pada siang hari, acara dilanjutkan dengan pemberian materi ketiga yang berjudul “Pengenalan Kehidupan Kampus”. Materi ini dibawakan oleh madame Yusi Asnidar dan monsieur Subur Ismail. Setelah pemberian materi selesai, acara dilanjutkan dengan pemeriksaan tugas yang telah diberikan kepada mahasiswa baru sebelum acara pada hari ini dimulai. Acara pada hari ini berakhir pada pukul 3 sore.

Pada hari ketiga, acara dimulai pada pukul 8 pagi. Acara pada hari ini dimulai dengan mengajak mahasiswa baru untuk berkeliling kampus Universitas Negeri Jakarta. Mahasiswa baru diajak untuk mengenal Universitas Negeri Jakarta sekaligus membiasakan diri dengan lingkungan kampus. Kegiatan ini juga difokuskan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru ProdiPendidikan Bahasa Perancis tempat-tempat yang akan digunakan sebagai ruang kuliah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan organisasi yang ada di Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Acara ini berlangsung sampai siang hari. Kemudian setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan program kreativitas mahasiswa. Pada acara ini mahasiswa diajak untuk berkarya membuat kreasi yang telah ditentukan oleh panitia. Kreasi tersebut berupa seni rupa kreasi tangan yang merepresentasikan kebudayaan Perancis.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus. Pemberian materi-materi tersebut juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa baru agar bisa menjadi mahasiswa yang membanggakan.