Resital: Autumn Tales

Pada Rabu, 17 Juli 2019, di Aula Maftuchah Yusuf Lantai II Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) diadakan kegiatan resital 110. Resital merupakan pertunjukan musik (vokal atau instrumen) yang biasanya ditunjukkan karena seseorang atau suatu grup musik telah mempelajari beberapa lagu baru dan ingin menunjukan kebolehannya di publik. Lagu yang dimainkan berupa lagu ciptaan sendiri maupun orang lain. Seseorang yang tampil membawakan sebuah karya pertunjukan dalam sebuah resital disebut resitalis.

Resital merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik. Setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian resital sebagai syarat mengambil mata kuliah skripsi. Apabila mahasiswa belum menyelesaikan mata kuliah resital maka tidak diizinkan untuk mengambil mata kuliah skripsi. Adapun syarat mengambil mata kuliah resital yaitu setiap mahasiswa wajib menyelesaikan dan lulus mata kuliah instrumen mayor. Instrumen mayor merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa untuk memilih salah satu alat musik maupun vokal yang harus dikuasai selama menempuh pendidikan Musik di UNJ.

Kegiatan resital dihadiri oleh Wakil Dekan II, semua dosen, dan mahasiswa Prodi Pendidikan Musik. Resital yang diadakan pada semester 110 menampilkan sembilan mahasiswa. Mereka layak untuk mengikuti resital karena telah menyelesaikan mata kuliah mayor Gitar, Piano, Vokal, dan Flute. Tujuan diadakannya resital sebagai pertunjukan serta evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Kegiatan Resital ini mengusung tema “Autumn Tales”. Para resitalis membawakan repertoar terbaik yang telah mereka tampilkan pada ujian tertutup sebelumnya. Berbagai karya dari komposer Indonesia dan luar negeri mereka tampilkan sebagai wujud dari latihan dan kerja keras para mahasiswa. Selain sebagai kegiatan wajib bagi mahasiswa Pendidikan Musik, acara ini juga merupakan bentuk apresiasi yang tinggi untuk para resitalis.

Sembilan resitalis yang tampil dalam kegiatan ini antara lain Maulida Dara Adinda lahir di Jakarta, 23 Juli 1997 dengan mengambil mata kuliah mayor Piano. Ia membawakan karya dari Yiruma berjudul River Flows In You dan Tembang Alit karya Jaya Suprana. Resitalis kedua bernama Gita Anindya lahir di Jakarta, 23 Januari 1996 dengan mengambil mata kuliah mayor Piano. Gita membawakan karya dari Dmitri Kabalev berjudul Uber Ein Ukrainisches Volkslied Op.51, No.4 dan Anak Perahu Karya Mochtar Embut. Resitalis ketiga bernama Yoshua Siva Pratama Arnanda lahir di Salatiga, 23 Januari 1996 dengan mengambil mayor gitar klasik. Yoshua membawakan karya dari Johann Sebastian Bach berjudul Allegro BWV 998 dan Negeri Di Awan karya Jubing Kristianto. Resitalis keempat bernama Binsar Sondang Hamonangan Sinambela lahir di Jakarta, 06 Maret 1996 dengan mengambil mata kuliah mayor Piano. Ia membawakan karya dari Nikodemus Suharsa berjudul Kartika dan Kei’s Song Karya David Benoit.

Resitalis kelima bernama Agus Indra Pratama lahir di Pandeglang, 24 Agustus 1995 dengan mengambil mata kuliah mayor Vokal. Agus membawakan karya dari F.X. Soetopo berjudul Puisi Rumah Bambu, Ich Lie Be Dich karya dari Edvard Hagerup Grieg, dan Love of My Life karya dari Freddie Mercurry (Queen). Resitalis berikutnya bernama Harsyanda Raihan Navis lahir di Pemalang, 7 Maret 1997 dengan mengambil mata kuliah Piano. Ia membawakan karya berjudul Air On The G String dari Johann Sebastian Bach dan Fragmen karya Jaya Suprana. Resitalis ketujuh bernama Teofilus Kriscois lahir di Bekasi, 17 Juli 1996 dengan mengambil mata kuliah mayor Gitar. Dia membawakan karya dari Domenico Scarlatti berjudul Sonata in D Major L/162/K.178 dan Becak Fantasy karya Jubing Kristianto. Selanjutnya resitalis bernama Jeremy Giovan Marlissa lahir di Bogor, 26 Oktober 1997 dengan mata kuliah mayor piano. Ia membawakan karya dari F.Frederic Chopin berjudul  Fantaisie Impromptu in C# Minor dan Telah Satu karya Kibar Muhammad Pembela. Resitalis terakhir bernama Gusti Laskar Ferdiansyah Simatupang lahir di Jakarta, 15 Agustus 1997 dengan mengambil mata kuliah mayor Flute. Gusti membawakan karya Nikolai Andreyevich Rimsky-Korsakov berjudul Song Of India, repertoar yangt dibawakan berikutnya berjudul Sonata No 5 K 14 In C Major dan Sonata No 16 K 545 Movement 2.