The Ari Roland Jazz Quartet Workshop

Jumat, 5 Juli 2019 pukul 10.00 diadakan sebuah kegiatan workshop di Aula Maftuchah Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan tersebut menghadirkan kelompok musisi jazz dari Amerika. Kelompok ini bernama The Ari Roland Jazz Quartet. Awal mula kelompok jazz quartet ini dipelopori oleh Ari Roland (bass). Ari Roland lahir dan besar di New York City. Dia mulai bermain bass pada usia 12 tahun dan bekerja secara profesional di usia 16 tahun. Dia belajar di The Juilliard School dan bermain di band-band legenda jazz seperti Lou Donaldson, Barry Harris dan Betty Carter. Sketches From a Bassist’s Album. Dia merilis album terbarunya yang terangkum dalam CD berjudul Smalls Records.

Kelompok The Ari Roland Jazz ini beranggotakan Chris Byars sebagai pemain Tenor Sax, Zaid Nasser sebagai pemain Alto Sax, John Mosca sebagai pemain Trombone, Stefano Doglioni sebagai pemain Clarinet, Ari Roland sebagai Bass, Phil Stewart sebagai pemain Drums dan Harold Mabern sebagai pemain piano. Musik mereka terinspirasi oleh master besar Jazz – Louis Armstrong, Duke Ellington, Charlie Parker dan Dizzy Gillespie. Anggota Kuartet belajar bermain di bawah bimbingan musisi legendaris Jazz di New York.

 The Ari Roland Jazz Quartet memainkan lagu-lagu dari “Golden Age of Jazz” (1930-an sampai 1950-an). Komposisi asli yang mereka buat telah menerima pujian kritis internasional. Selain telah melakukan perjalanan untuk 145 program jazz Departemen Luar Negeri A.S., lebih dari 50 negara, mereka juga mengarahkan pertunjukan jazz internasional dan lokakarya pendidikan yang menyatukan musisi dari seluruh dunia.

Kegiatan workshop dihadiri oleh Dosen Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta, Ketua Alumni Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik dan perwakilan resmi dari kedutaan besar Amerika di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kerja sama antara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. Selain itu, workshop dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Musik seputar tentang musik jazz beserta teknik permainannya. Beberapa mahasiswa berperan aktif sebagai pemain yang berkolaborasi secara langsung oleh kelompok jazz quartet dari Amerika tersebut. Mahasiswa diajarkan langsung tidak hanya teori saja, tetapi juga tentang cara dan teknik bermain serta berimprovisasi dalam permainan musik jazz. Beberapa materi alat musik yang dilibatkan dalam sesi workshop antara lain saxophone, perkusi, dan piano.

Kegiatan diawali dengan penampilan kelompok brass oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Musik yang terdiri dari 4 saxophone, 2 trombone, 4 trompet, 1 french horn, kemudian dilanjutkan penampilan oleh The Ari Roland Jazz Quartet yang menampilkan 2 buah lagu, kemudian dilanjutkan kembali oleh mahasiswa Pendidikan Musik yang memainkan musik jazz. Selanjutnya, kegiatan inti dilakukan interaksi secara terbuka dan langsung antara kelompok musik jazz dari Amerika dan mahasiswa Prodi Pendidikan Musik. Kegiatan workshop diakhiri oleh penampilan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Musik serta kelompok The Ari Roland Jazz Quartet.