Duorchestra: An Orchestra Collaboration by Batavia Chamber Orchestra and Esemka Dua Cibinong Orkestra

Pada Rabu, 24 April 2019, pukul 19.00 WIB di Aula Latief Gedung Dewi Sartika lantai 2 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan kegiatan pertunjukan musik orkestra. Pertunjukan orkestra tersebut mengangkat tema Duorchestra. Duorchestra merupakan pertunjukan kolaborasi orkestra antara Batavia Chamber Orchestra (BCO) dan Esemka Dua Cibinong Orkestra (EDCO). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan II FBS, Wakil Dekan III FBS, koordinator dan dosen dari Program Studi Pendidikan Musik, kepala dan para guru SMKN 2 Cibinong, mahasiswa, orang tua murid, serta penonton umum lainnya.

Sesuai namanya, Duorchestra mengusung dua kelompok orkestra yang saling berkolaborasi dalam rangkaian acaranya. Kedua kelompok tersebut adalah Batavia Chamber Orchestra (BCO) dan Esemka Dua Cibinong Orkestra (EDCO). Batavia Chamber Orchestra (BCO) yang dibentuk pada 10 Oktober 2014 tersebut diprakarsai oleh R.M. Aditya Andriyanto, salah satu dosen Program Studi Pendidikan Musik UNJ, beserta salah satu anak didik beliau yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik UNJ, Muhammad Reza Ramadhan. Kelompok orkestra yang kedua adalah Esemka Dua Cibinong Orkestra (EDCO). Esemka Dua Cibinong Orkestra merupakan kelompok orkestra SMKN 2 Cibinong yang berdiri pada 2015 dan beranggotakan siswa dari jurusan musik klasik, guru, dan sivitas akademika lainnya yang berpusat di SMKN 2 Cibinong. Dalam sejarah pendiriannya, nama dan logo EDCO diusulkan oleh Aris Nurjatmiko selaku dewan pengawas SMK serta Risang Kurniawan Narawiet selaku guru biola dan ansambel di SMKN 2 Cibinong. Sebagai sebuah kelompok orkestra yang dibangun dan dimiliki oleh SMKN 2 Cibinong, EDCO berfungsi sebagai wadah implementasi dari berbagai mata pelajaran musik bagi para siswa-siswi di SMKN 2 Cibinong.

            Pertunjukan Duorchestra juga dimeriahkan oleh kelompok paduan suara Program Studi Pendidikan Musik. Beberapa karya yang ditampilkan dalam pertunjukan orkestra tersebut sangat beragam, diawali dari Divertimo karya W.A. Mozart, Nella Fantasia karya Ennio Morricone, The Prayer, Shympony in C Major karya L.V. Beethoven, serta Bohemian Rhapsody dan Love of My Life karya dari group band Queen yang diaransemen oleh Risang Kurniawan Narawiet dan Yulianto. Selain itu, beberapa karya berjudul Jivin in Jazz dan Zamrud Khatulistiwa yang diaransemen R.M. Aditya Andriyanto juga turut dimainkan dalam acara tersebut. Paduan melodi dan harmoni yang ditampilkan oleh kolaborasi antara BCO dan EDCO yang terdiri atas mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik UNJ dan siswa SMKN 2 Cibinong tersebut dipimpin langsung oleh R.M. Aditya Andriyanto serta Risang Kurniawan Narawiet sebagai konduktor.

Salah satu karya yang berjudul Nella Fantasia menampilkan pemain oboe solo bernama Pipit Nuwidayati yang merupakan salah satu guru di SMKN 2 Cibinong dan vokal solo Yosya Mutiara Kanza yang merupakan siswa SMKN 2 Cibinong. Karya lain yang berjudul Bohemian Rhapsody dan Love of My Life yang didukung oleh kelompok paduan suara Program Studi Pendidikan Musik juga menghadirkan vokal solo bernama Dias Hadya Putra Pratama dan Jemima Maria Shalom. Keduanya merupakan siswa SMKN 2 Cibinong. Selain itu, karya berjudul The Prayer menghadirkan duet vokal oleh Dias Hadya Putra Pratama (siswa SMKN 2 Cibinong) dan Yuniarta Situmorang (mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik UNJ). Duorchestra ditutup dengan penampilan karya berjudul Zamrud Khatulistiwa yang kembali menghadirkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik  sebagai vokal solo, yaitu Yuniarta Situmorang.