Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) adalah Prodi baru di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. PSPBM menerima SK Izin Penyelenggaraan pada tahun 2013, dan mulai menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2014/2015. Pada angkatan pertama, PSPBM menerima 23 mahasiswa. Pada tahun berikutnya menerima 28 mahasiswa.

Hingga saat ini, Prodi mempunyai 6 orang dosen tetap dengan latar belakang pendidikan S2 Pendidikan Bahasa, Teknologi Pendidikan, Linguistik Bahasa Mandarin, Pendidikan Bahasa Mandarin Internasional, dan Bahasa Mandarin bagi Penutur Asing.

Sejak tahun 2015, PSPBM bekerjasama dengan Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar dalam menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan Wushu. Baru pada tahun 2016, lingkup kerjasama akan diperluas melalui kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan bidang kebudayaan.

Visi

Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Mandarin yang mampu menjadi tenaga pendidik profesional serta berwawasan luas sehingga mampu berperan serta dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa Mandarin dalam skala nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang bermutu sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas dalam pengembangan bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Mandarin.
  2. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai lembaga baik di dalam maupun luar negeri untuk merealisasikan visi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Akreditasi Prodi

Akreditasi Program Studi: memenuhi akreditasi minimal penyelenggaraan program studi