Kegiatan PKKMB Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin 2019

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau biasa disingkat menjadi PKKMB merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Departemen Kaderisasi BEM Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Kegiatan yang dilakukan setahun sekali ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa yang baru saja bergabung.

Dalam rangka menyambut mahasiswa PSPBM 2019, kegiatan yang mengusung tema GEMERLAP: Geneasi Milenial, Cerdas, Aktif dan Responsif. dilaksanakan selama dua hari, 23–24 Agustus 2019, dari pukul 07:00 hingga 16:00 WIB di Gedung Q Ruang 107. Hari pertama diisi dengan rangkaian kegiatan seperti pembukaan dan presentasi kelompok mahasiswa baru. Agretio Agustian sebagai salah satu mahasiswa PSPBM 2016 menyampaikan materi “Berfikir Kritis dan Ilmiah”. Selain itu, di hari pertama juga ada perkenalan dosen, kurikulum, layanan, dan fasilitas, penyampaian materi “Nilai Budaya, Etika dan Kehidupan Kampus”, “Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi dan Menjadi Mahasiswa Tangguh”, “Time Management”, dan juga penampilan shufa (kaligrafi Cina).

Pada hari kedua, rangkaian kegiatan dan materi yang disampaikan tidak kalah serunya dari hari pertama. Materi seperti “Kewirausahaan”, “Kepemimpinan”, “Organisasi Mahasiswa” disampaikan kepada mahasiswa PSPBM 2019. Selain itu, panitia pelaksanan PKKMB memberikan pertunjukan salah satu bentuk budaya Cina, yaitu “Seni Menggunting Kertas”. Agar dapat mengapresiasi mahasiswa baru yang sudah giat dan penuh semangat mengikuti rangakian kegiatan, tidak lupa panitia juga mengumumkan dan memberi hadiah kepada peserta dan kelompok terbaik. Agar mahasiswa baru lebih siap dalam memulai kehidupan baru sebagai mahasiswa, hari kedua juga diisi dengan kegiatan imbingan PA dan pengisian KRS yang dipandu langsung oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Di akhir acara, dilakukan pengisian angket BPM secara daring oleh mahasiswa PSPBM 2019 sebagai evaluasi kegiatan dan tak lupa mengabadikan momen bersama panitia. (BEM Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin 2019 -2020)