Kunjungan Balasan Topas TV ke Mandarin UNJ

Pada tanggal 24 November 2017, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) mendapat kunjungan balasan dari Topas TV. Perwakilan dari Topas TV yaitu Ibu Ernie selaku Direktur Isi dan Program Acara dan Bapak Hadiraja Wijaya selaku Manajer Program Bahasa Mandarin. Dari pihak PSPBM diwakilkan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Ayu Trihardini, M.A., Koordinator Kerjasama PSPBM Rizky Wardhani, S.S., M.TCSOL. Turut hadir pula Wakil Dekan bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. Samsi Setiadi,  M.Pd. yang di tengah kesibukan menghadiri rapat lain, masih menyempatkan diri untuk berkunjung ke PSPBM.

Kunjungan Topas TV  ini bertujuan untuk beberapa kegiatan  kerjasama yang dapat dijalin antara PSPBM dengan Topas TV dan membuka peluang untuk mahasiswa untuk dapat praktik lapangan di kantor Topas TV atau studio Topas TV. Kerjasama yang ditawarkan oleh Topas TV tidak hanya untuk PSPBM, tetapi juga bisa untuk prodi dari bahasa asing. Dalam  waktu dekat Topas TV berencana untuk membuat program lanjutan dari program bahasa Mandarin Dasar “Ayo Belajar Bahasa Mandarin “ dengan program yang tingkatannya lebih tinggi yaitu program “Ni hao Ma ?”. Topas TV juga berharap dapat menggunakan beberapa mahasiswa PSPBM sebagai talent di program tersebut serta lingkungan UNJ sebagai latar dari video pembelajaran tersebut.

Rencana kerjasama Topas TV dengan PSPBM yaitu membagi ilmu dengan mengadakan pelatihan singkat mengenai ilmu penyiaran, seperti broadcasting, cara menggunakan kamera dengan baik, pembuatan naskah/script, penerjemahan film berbahasa asing, serta sesi motivasi dalam dunia penyiaran. Untuk rencana jangka panjang pihak Topas TV juga bersedia untuk menerima mahasiswa untuk dapat berkunjung dan praktik di kantor Topas TV baik dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin atau dari bahasa asing lainnya di Fakultas Bahasa dan Seni. (RW)