Kunjungan Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin ke Topas TV

Perwakilan Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin melakukan kunjungan ke Topas TV hari Senin, 6 November 2017 di Mapayada Tower Jl. Sudirman. Kunjungan PSPBM ke Topas TV   ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik antara PSPBM UNJ dengan Topas TV. Selain penjajakan kerjasama, hubungan PSPBM dan Topas TV sudah mulai terjalin ketika melakukan pembuatan video pembelajaran bahasa Mandarin “Ayo Belajar Bahasa Mandarin” dan salah satu dosen PSPBM yaitu Rizky Wardhani, S.S. M.TCSOL sebagai pengkaji materi. Kunjungan ini juga menyertakan 2 mahasiswa angkatan 2014 yang semester ini sedang mengkaji video pembelajaran bahasa Mandarin sebagai tim anggota serta 2 mahasiswa angkatan 2015 yang sedang mengambil mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Kami disambut dengan hangat oleh Ibu Ernie, direktur Topas TV, Bapak Hadi sebagai editor video pembelajaran “Ayo belajar bahasa Mandarin” serta Ibu Yeanes sebagai host di acara yang sama. Topas TV menggunakan teknologi baru yang mampu menyajikan gambar dan suara berkualitas dengan jangkauan nasional. Topas TV memiliki lima saluran eksklusif yang diproduksi sendiri , yakni : Info TV (hiburan dan info-info menarik di Topas TV), Bin Fen (saluran film Mandarin), Movie Mania (saluran film mancanegara), My Kids (anak-anak), dan Grace TV (saluran Kristiani)yang dapat dinikmati di semua paket Topas TV (sumber: Wikipedia). Topas TV juga merupakan TV yang menggunakan satelit atau parabola. Sistem pengeditan Topas TV yaitu dengan sistem windows, program yang dipakai seperti Edius, Adobe After Effect, website Yellow Bridge, dan lain-lain.

Dari kunjungan ini selain mengkaji video pembelajaran bahasa Mandarin, PSPBM berharap dapat melakukan penajajakn kerjasama, Ibu Erni mengatakan bahwa Topas TV  menjalin kerjasama dengan kedutaan bahasa, sehingga mahasiswa yang memiliki skill dalam bidang bahasa dapat dikirim ke Taiwan, Perancis, Korea dengan adanya beasiswa. Ibu Erni selaku pemimpin Topas TV juga menerima mahasiswa PKL/ magang dengan syarat mahasiswa mendapat surat pengantar dari Fakultas yang kemudian diserahkan kepada pihak HRD. Mahasiswa PKL/Magang dapat ditempatkan pada bagian bidang kameramen, translate, editing, mencari berita, dan membuat naskah berita. (DS/SAR)