PENERBITAN DIKTAT DAN KOMPILASI SEMESTER 106

Proses belajar mengajar di perguruan tinggi memerlukan hadirnya buku teks. Buku teks atau buku ajar dapat berguna sebagai buku referensi utama ataupun buku penunjang kegiatan belajar mengajar mata kuliah tertentu. Dalam kegiatan belajar, mahasiswa memerlukan buku teks untuk mencapai pemahaman yang utuh dan menyeluruh. Dengan buku teks, mahasiswa tidak bergantung sepenuhnya pada penjelasan pengajar dan mendapatkan kesempatan meninjau kembali pembelajaran sehingga pengetahuan yang dicapai lebih optimal. Dalam kegiatan mengajar, pemahaman, pengetahuan dan pengalaman pengajar terhadap buku teks akan membantu pengajar dalam menyusun, melaksanakan dan menilai program pengajaran (Tarigan, 1986:2). Pemilihan buku teks dengan isi yang berkualitas akan sangat membantu pengajaran mata kuliah yang ditunjangnya. Sebagai penunjang program pengajaran, pemakaian buku teks juga harus berkaitan dengan kurikulum. Oleh sebab itu, pemilihan buku teks yang relevan dengan mata kuliah dan kurikulum yang berlaku merupakan hal yang sangat penting.

Dalam memenuhi kebutuhan buku ajar, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta memakai buku teks impor dari Tiongkok, diktat serta buku kompilasi sebagai penunjang. Pada semester 106, terbit 4 buku ajar dari PSPBM yaitu berupa: (1) Buku Kompilasi untuk Mata Kuliah Menulis IV, oleh Aprilia Ruby Wika rti; (2) Buku Latihan untuk Mata Kuliah Percakapan IV, oleh Ayu Trihardini; (3) Buku Kompilasi untuk Mata Kuliah Membaca dan Menulis Lanjut II, oleh Tim Dosen PSPBM; dan (4) Diktat Pengantar Fonologi dan Morfologi Bahasa Mandarin oleh Ayu Trihardini.

Saat ini, tim dosen PSPBM UNJ sedang menekuni pembuatan buku ajar keterampilan berbahasa Mandarin untuk semester mendatang. Diharapkan pada tahun depan, PSPBM UNJ dapat menerbitkan seri buku keterampilan berbahasa Mandarin tingkat I mencakupi: Menyimak I, Percakapan I, Membaca I, Menulis I dan Tata Bahasa I. (AT)