Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa

Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin
2014

Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa

Pada tanggal 8 Januari 2016, mahasiswa angkatan pertama Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin (angkatan 2014) unjuk gigi menampilkan akting terbaik dalam melaksanakan kegiatan Drama Kebudayaan. Acara dibuka oleh Wakil Dekan 3 Dra. Sri Suhita, M.Pd. dan Ketua Prodi Ayu Trihardini, M.A. Turut hadir pula tim dosen PSPBM serta mahasiswa PSPBM angkatan 2015.

Pementasan Drama Kebudayaan Tionghoa yang merupakan tugas akhir mata kuliah Pengantar Kebudayaan dan Kesusastraan Cina, direncanakan menjadi agenda rutin yang diadakan setiap semester ganjil.

Dalam pementasan perdana Drama Kebudayaan Tionghoa, mahasiswa angkatan 2014 dibagi menjadi dua kelompok dengan pentas cerita yang berbeda. Seluruh dialog menggunakan bahasa Mandarin.

Kelompok pertama memainkan cerita asal-usul dari Qi Xi Festival yang disebut sebagai Festival Hari Valentine warga Tionghoa. Kelompok ke dua memainkan cerita Sampek Engtay. Latihan intensif dilakukan oleh para mahasiswa demi dapat memberikan penampilan yang maksimal dan memukau. Setiap kelompok juga tampil lengkap dengan kostum dan properti. Properti diproduksi sendiri, mulai dari topi, mahkota, hiasan baju, serta barang-barang lainnya sebagai hasil karya kreatif mahasiswa.

Lebih lanjut mengenai Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa Mahasiswa PSPBM UNJ dapat dilihat pada tautan www.madingmandarinunj.wordpress.com. (LN/AT)