[easingslider id=”753″]

 

Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan menyukseskan program merdeka belajar dan kampus merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (MBKM), program studi pendidikan bahasa Jerman UNJ (PSPBJ) melaksanakan restrukturisasi  kurikulum. Acara yang dihadiri oleh seluruh dosen PSPBJ ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 23, 25 Februari dan 4 Maret 2021 secara tatap muka di Lantai 4 Gedung Dewi Sartika UNJ.

Workshop pada hari pertama diisi dengan  pemaparan materi mengenai pengembangan kurikulum. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan sambutan sekaligus dibuka dengan pemaparan materi mengenai pengembangan kurikulum oleh Ibu Koordinator PSPBJ Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd. Dalam pemaparannya beliau menegaskan bahwa PSPBJ akan terus mengembangkan diri dengan membenahi dan menguatkan di segala bidang terutama di bidang akademik. Hal ini juga berkaitan dengan lahirnya program MBKM dari Kemendikbud agar dapat terlaksana dengan baik di PSPBJ. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai peta kurikulum yang terdapat pada PSPBJ, yaitu kurikulum berstandar KKNI dan MBKM yang didalamnya juga terdapat program Double Degree dengan kampus Hochschule Konstanz: Technik, Wirtschaft und Gestaltung, Jerman.

Pada Hari kedua dan ketiga dilanjutkan dengan restrukturisasi komponen sebaran mata kuliah yang terdapat pada kurikulum di PSPBJ. Para dosen PSPBJ yang hadir terlihat sangat antusias saat berdiskusi dan memecahkan masalah bersama. Kegiatan ini terlaksana dalam rangka mematangkan kembali agar kurikulum yang dihasilkan dapat memenuhi perkembangan zaman dan juga kompetensi yang dihasilkan para lulusan bisa maksimal sehingga siap menghadapi dunia kerja.

 

FA