[easingslider id=”641″]

Selamat Datang Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) Universitas Negeri Jakarta Tahun 2020, selamat menjadi bagian dari sejarah baru Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta.

Kehidupan kampus pada nyatanya memiliki perbedaan dengan dunia sekolah. Oleh karena itu, pengenalan kehidupan kampus perlu dilakukan untuk memberikan gambaran kepada Mahasiswa Baru agar lebih siap menjalani dunia perkuliahan. Terlebih lagi ada hal yang sangat berbeda yang akan dilalui mahasiswa angkatan 2020 ini, yaitu berlakunya kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta 2020 diikuti oleh 47 mahasiswa baru PSPBJ dan dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom Meeting. PKKMB tahun ini bertajuk “Verstärkung der Charakter und technischer Kompetenz sind ein Muss in der Covid-19 Pandemie”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 17 dan 18 September 2020.

Pada tangal 17 September 2020, acara dibuka dengan penayangan video profil prodi dan dilanjutkan penyampaian sambutan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ, Ibu Dr. Ellychristina D. Hutubessy., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru di PSPBJ UNJ, “Para mahasiswa baru saya atas nama dosen-dosen Prodi PBJ ingin menyampaikan selamat atas keberhasilan anda melampaui persaingan yang ketat meraih tempat untuk belajar di prodi ini. Kami percaya bahwa anda masuk dengan memiliki berbagai tujuan tertentu, namun sebagai warga negara Indonesia, kita semua memiliki kewajiban bersama untuk mensejahterakan dan mencerdaskan bangsa Indonesia.” Tuturnya.

Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka mulai diberlakukan untuk mahasiswa angkatan 2020 ini. Ibu Koorprodi menyampaikan bahwa tujuan dari kebijakan tersebut adalah memberikan pilihan ruang belajar yang lebih luas kepada mahasiswa agar dapat memperoleh pengalaman belajar, serta dapat mengembangkan, mengasah, memperluas, dan memperdalam kompetensi di luar prodi dan di luar kampus sendiri, “Dengan model Kurikulum MBKM  mahasiswa diberikan kebebasan untuk belajar di luar prodi ataupun di luar UNJ selama 3 Semester. Berkaitan dengan itu mulai tahun ini kepada mahasiswa ditawarkan 3 Model kurikulum”, jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan Akademik oleh Ibu Dra. Erna Triswantini, M.Pd dan juga kuliah Umum oleh Ibu Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd. Pada hari kedua kegiatan, Jumat 18 September 2020 kegiatan PKKMB diisi dengan pengenalan kegiatan kemahasiswaan oleh Bem Prodi Pendidikan Bahasa Jerman.

Walaupun dilaksanakan secara daring, PKKMB di PSPBJ tahun ini tetap meriah dan berjalan dengan baik. Dengan terlaksanannya kegiatan PKKMB ini maka mahasiswa baru Program studi pendidikan Bahasa Jerman UNJ sudah siap untuk mengikuti perkuliahan dan menjadi bagian dari keluarga besar PSPBJ UNJ.