[easingslider id=”598″]

Webinar (Seminar-Online) yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta dan bekerjasama dengan Robert Bosch Stiftung serta MitOst telah sukses diselenggarakan. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Juni 2020 melalui Zoom Meeting.

Bapak Fauzan Adhima, M.Pd yang merupakan LOK-Lektor dari Robert Bosch Stiftung dan juga dosen Bahasa Jerman UNJ menjadi narasumber pada Webinar ini. Webinar dengan tema Rethorik und Präsentation memiliki 4 pokok bahasan disampaikan narasumber, yaitu bagaimana menyiapkan presentasi yg baik, 3 Aspek penting dalam presentasi, teknik visualisasi pada Flipchart, dan yang terakhir bagaimana meningkatkan percaya diri saat presentasi. Peserta yang mengikuti webinar ini merupakan mahasiswa semester akhir dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ yang sedang menyusun skripsi. Tujuan penting diselenggarakannya webinar ini yaitu agar mahasiswa  dapat menyiapkan dan melakukan presentasi bahasa Jerman dengan baik, benar dan juga menarik. Seminar ini disampaikan dalam bahasa Jerman dengan menggunakan  pendekatan Studentorientiert, dimana peserta dapat lebih aktif dengan adanya diskusi dan juga tanya jawab secara interaktif.

Ada hal yang berbeda dari pada webinar yang biasa dilakukan, pada webinar ini tidak hanya penjelasan teoretis mengenai Rethorik und Präsentation tetapi di akhir pemaparan narasumber mempersilakan beberapa peserta untuk melakukan presentasi mengenai kota tujuan wisata yang indah di Indonesia. Dengan membuat visualisasi yang indah dari penggambaran beberapa kota yang ada di Indonesia, peserta mencoba mempresentasikannya dengan menggunakan bahasa Jerman.  Bapak Fauzan Adhima, M.Pd yang telah mengikuti pelatihan Rethorik und Präsentation di Berlin dan Hangzhou ini mengungkapkan rasa bahagianya. “Alhamdulillah acara berjalan lancar, peserta juga aktif. Tidak hanya informasi saja, tetapi peserta juga dapat mempraktekan materi yang telah disampaikan dengan langsung melakukan latihan presentasi. Hasilnya sangat bagus dan memuaskan. Semoga seminar ini dapat bermanfaat untuk peserta tidak hanya di perkuliahan saja, melainkan juga di kehidupan nyata agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar.” Tuturnya.

Boy Tri Rizky yang merupakan mahasiswa semester akhir Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ  mengungkapkan kepuasannya setelah mengikuti seminar ini. “Banyak hal baru yg saya dapatkan dari seminar ini. Saya sekarang jadi tahu apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan saat berbicara di depan umum. Dan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan percaya diri saya ketika ketika berkomunikasi dengan orang lain”. Ujarnya.

Ketua Prodi Pendidikan bahasa Jerman UNJ mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini.”Terima kasih kepada narasumber yg sudah berbagi ilmunya kepada mahasiswa kami, semoga kegiatan positif seperti ini terus dilakukan agar kompetensi mahasuswa bisa dikembangkan dengan baik dan tepat.” Tutupnya.