[easingslider id=”566″]

Dalam kerangka menindaklanjuti kerja sama dengan Senior Expert Service (SES), Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ mengadakan Workshop Penyusunan Bahan Ajar dan Pengembangan Kurikulum. Workshop ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 17 Januari 2020 di Ruang 214 Gedung E FBS UNJ. Selain dihadiri oleh seluruh dosen PSPBJ, kegiatan yang dilaksankaan selama 2 minggu ini tentunya dihadiri oleh pakar kurikulum dan bahan ajar yang didatangkan dari Universitas Wien,  Austria, Bapak Roland Fischer.

Hari pertama, kegiatan workshop ini dimulai dengan acara pembukaan yaitu pada hari Senin 6 Januari 2020. Hadir pada pembukaan  acara ini yaitu Dekan  FBS  UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Dekan 3 FBS, Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd.  Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapak Roland Fischer yang sudah hadir dan akan menyampaikan ilmu dan pengalamannya mengenai penyusunan bahan ajar dan pengembangan kurikulu. “Selamat datang Bapak Roland Fischer di Indonesia. Semoga para dosen PSPBJ UNJ dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Diharapkan nantinya dari kegiatan ini dapat menghasilkan produk, salah satunya yaitu berupa buku ajar bahasa Jerman,” pesannya.

Acara ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu pendalaman materi mengenai pengembangan kurikulum yang dilaksanakan pada minggu pertama, yaitu dari tanggal 6 sampai 10 Januari. Pada minggu pertama ini, Bapak Roland Fischer menjelaskan bagaimana mengembangkan suatu kurikulum. Diskusi kelompok dan interaksi antarpeserta dengan pemateri menjadi pemandangan yang sangat menarik pada workshop ini.

Sesi kedua yaitu dari tanggal 13 sampai 17 Januari, workshop difokuskan pada materi penyusunan bahan ajar bahasa. Berbeda dengan sesi pertama, di hari pertama pada sesi kedua  ini workshop dihadiri oleh para dosen bahasa dari lingkungan FBS UNJ. Para peserta yang hadir menyampaikan pengalamannya selama ini menggunakan bahan ajar untuk perkuliahan dan menceritakan kendala yang dialami saat menggunakan bahan ajar tersebut. Keinginan dari para dosen untuk mengetahui bagaimana menyusun bahan ajar bahasa yang baik menjadi motivasi bagi peserta sehingga antusias untuk menghadiri workshop ini. Bapak Roland Fischer yang merupakan pakar penyusunan bahan ajar menceritakan pengalaman dan hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menyusun bahan ajar bahasa.  

 

FA