PKKMB PSPBJ 2019: klug, engagiert und integrität

Sebanyak 46 mahasiswa baru, baik dari Jalur SBMPTN, SNMPTN, maupun Penmaba diterima di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) Fakultas Bahasa dan Seni UNJ. Tahap awal para mahasiswa baru sebelum mengikuti perkuliahan yaitu melaksanakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 22, 23 dan 26 Agustus 2019 di Gedung Dewi Sartika lantai 3 UNJ. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa baru mengenai kehidupan dan fasilitas kampus, terutama di lingkungan PSPBJ. Tidak kalah pentingnya juga pada kegiatan ini para mahasiswa baru dibekali berbagai infomasi, baik perihal akademik maupun non-akademik.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan pemberian sambutan koordinator PSPBJ Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru. “Selamat datang para mahasiswa baru di PSPBJ dan terus giat belajar untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi,” pesannya. Beliau juga memperkenalkan seluruh staf dosen PSPBJ beserta profilnya. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat para dosennya.

Setelah pengenalan staf dosen, acara dilanjutkan dengan Kiat-Kiat Sukses di Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh alumni PSPBJ, Diviv Cintya N, S.Pd, M.Hum. Materi yang disampaikan oleh alumni yang pernah mendapatkan beasiswa Hochschulsommerkurs dari DAAD pada tahun  2015 ini sangat menarik. “Menjadi mahasiswa yang berprestasi itu tidaklah mudah.  Untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, teman-teman tidak hanya aktif dan rajin mengikuti perkuliahan saja, namun keaktifan teman-teman pada kegiatan kampus juga sangat penting. Oleh karena itu, teman-teman diharapkan dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, aktif dan terus menggali pengetahuan dan pengalaman positif baik di kelas maupun di luar kelas,” pesannya.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian Informasi Akademik yang disampaikan oleh Dosen PSPBJ Dra. Erna Triswantini, M.Pd.  Pada sesi ini para mahasiswa baru diberikan informasi perihal sistem akademik di UNJ, khususnya di PSPBJ. Setelah sesi ini selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi Pengenalan Nilai Budaya, Etika, dan Karakter Mahasiswa yang disampaikan oleh Dra. Rina Agustin, M.Pd. Materi terakhir pun disampaikan oleh Dra. Santiah, M.Pd. mengenai Berfikir Kritis. Materi yang dibawakan oleh dosen-dosen PSPBJ ini sangat berguna bagi para mahasiswa baru agar nantinya menjadi mahasiswa yang berprestasi dan berkarakter.

Pada hari kedua, pelaksanaan PKKMB PSPBJ dilanjutkan dengan Pembagian Penasehat Akademik (PA). Dosen yang menjadi PA untuk mahasiswa baru tahun 2019 ini yaitu Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A dan Uryadi, M.Pd. Pada sesi ini mahasiswa dibagi menjadi 2 kelas dan diberikan barbagai informasi akademik, salah satunya informasi kurikulum yang ada di PSPBJ.

Pada hari terakhir, pelaksanaan PKKMB PSPBJ diadakan pada 26 Agustus 2019 yang diisi dengan pengenalan organisasi dan kegiatan kemahasiswaan. Penampilan pertama pada sesi ini dibuka dengan presentasi IMBJSI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman seluruh Indonesia). Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi kegiatan Kulturtag yang merupakan agenda besar BEM PSPBJ yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Sesi terakhir yaitu pengenalan organisasi dan kegiatan-kegiatan BEM PSPBJ.

Pada PKKMB 2019 ini, Gusti Bagus Adhitya Geraldy terpilih menjadi peserta terbaik. Mahasiswa baru yang merupakan alumni dari SMAN 30 Jakarta ini sangat aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. “Saya awalnya tidak menyangka terpilih menjadi mahasiswa terbaik pada kegiatan PKKMB. Namun demikian, saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan juga teman-teman seangkatan. Harapannya, semoga kami, mahasiswa baru, dapat mengikuti perkuliahan di PSPBJ dengan baik dan juga bisa menjadi mahasiswa yang berhasil,” jelasnya.