PELEPASAN DOSEN DACH-LEKTORIN SERTA TASYAKURAN DOSEN PSPBJ

Keluarga Besar Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ), Fakultas Bahasa dan Seni UNJ menyelenggarakan acara Pelepasan Dosen Dach-Lektorin di Grand Cafe, Grand Hyatt Hotel Jakarta pada hari Senin 5 Agustus 2019. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dosen Dach-Lektorin Antje Nehls, M.A. dan para dosen PSPBJ.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A. dan sekaligus menyampaikan sambutannya, bahwa Antje Nehls, M.A. yang sudah 2 tahun sejak 2017 berada di UNJ memberi kontribusi banyak untuk Program Studi. “Terima kasih kami sampaikan kepada Frau Antje Nehls, M.A. yang sudah berada di sini selama 2 tahun, menyampaikan ilmu bahasa Jerman kepada para mahasiswa kami.  Kami juga memohon maaf bila ada kesalahan selama menjalin kerja sama ini”.

Dalam masa tugasnya, Antje Nehls, M.A. telah mengampu mata kuliah Wissenschaftliches Schreiben dan Interkulturelle Kommunikation untuk mahasiswa semester kelima dan keenam. Mata kuliah Wissenschaftliches Schreiben ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk bisa menulis karya ilmiah berbahasa Jerman dengan baik dan benar, sedangkan mata kuliah Interkulturelle Kommunikation memberikan wawasan kepada para mahasiswa untuk mengenal dan memahami bagaimana interaksi ataupun komunikasi lintas budaya. Berkat kehadiran Dach-Lektorin ini mahasiswa bisa berkomunikasi dalam bahasa Jerman, baik secara reseptif maupun produktif. Setelah menyelesaikan tugas di UNJ, rencananya Antje Nehls, M.A akan melanjutkan kembali tugasnya sebagai DAAD-Lektorin di China. Frau Antje Nehls, M.A., menyatakan bahwa 2 tahun berada di PSPBJ ini terasa begitu  cepat. Banyak hal yang  didadapatkan, seperti pengalaman baru, teman baru, dan tentunya tidak hanya melatih karakter saja melainkan juga bagaimana bisa bekerja secara profesional. Dosen yang sedang mempelajari bahasa Indonesia ini juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya, sehingga kerja sama yang telah dibangun selama ini berjalan dengan baik, terutama para Dosen dan Mahasiswa PSPBJ . “Meine 2 Jahre an der Deutschabteilung der UNJ sind unglaublich schnell vergangen und ich habe viele neue Gesichter kennengelernt, Freunde gefunden und sowohl persönlich als auch professionell sehr viel gelernt ! Vielen Dank an alle, die mir auf diesen Weg geholfen haben. Besonders natürlich meine lieben Kollegen und die besten Studenten überhaupt”,  ungkapnya dalam bahasa Jerman.

Selain pelepasan dosen Dach-Lektorin, acara yang berlangsung dari pukul 12.00  sampai 15.00 ini juga disertai acara Halal  Bihalal keluarga besar Dosen PSPBJ dan Tasyakuran atas gelar Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa yang telah diraih oleh Ibu Dr. Ellychristina D. Hutubessy, M.Pd. Selain itu juga, rasa bahagia menyelimuti 2 dosen muda PSPBJ, yaitu Bapak Fauzan Adhima, M.Pd., dan Bapak Muhammad Nur Ashar Asnur, S.Pd., M.Hum., yang sudah mendapatkan SK Pengangkatan Dosen CPNS di lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Rangkaian acara ini diakhiri dengan makan bersama. Para dosen menikmati segala hidangan yang ada dan terlihat begitu kuatnya rasa kekeluargaan PSPBJ.

FA