Ujian Masuk Program Double-Degree pada HTWG Konstanz, Jerman

Dalam kerangka menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Hochschule für Technik, Wirtschaft und Gestaltung (HTWG) Konstanz, Jerman, setiap tahun diadakan Ujian Masuk Program Double-Degree HTWG Konstanz bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ. Peserta yang lulus akan mendapat kesempatan untuk kuliah selama dua tahun di Jurusan Bahasa Jerman untuk Bisnis dan Pariwisata (Wirtschaftsdeutsch und Tourismus) di kampus tersebut. Tes Penerimaan ini diadakan pada Sabtu, 9 Maret 2019 di ruang kelas, Gedung Dewi Sartika UNJ dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Peserta yang mengikuti tes ini harus melalui 2 tahapan ujian, yakni tes tertulis dan tes wawancara. Tes tertulis dibagi ke dalam tes bahasa Jerman umum dan tes bahasa Jerman untuk bisnis. Tampak hadir perwakilan dari HTWG yaitu Prof. Dr. Christian von Lübke selaku penanggung jawab program Asia Tenggara dan Ibu Verena Gründler sebagai staf Jurusan Wirtschaftdeutsch und Tourismus HTWG Konztanz. Kedatangan perwakilan dari Konstanz disambut oleh Wakil Rektor  IV, Bapak Dr. Achmad Ridwan, M.Si.

Berbeda dari pelaksanaan tes penerimaan tahun-tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ, tahun ini ada juga peserta dari perguruan tinggi lain, yakni dari Universitas Pattimura (UNPATTI), Ambon. Peserta Tes Penerimaan untuk tahun 2019 ini berjumlah 13 mahasiswa, 11 dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ dan 2 dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNPATTI.

Dari Tes Penerimaan tersebut, 3 mahasiswa dinyatakan lulus ujian. Ketiga mahasiswa yang berhasil berasal dari UNJ, yaitu Farhan Al Gifra, Yudo Mega W. Putra, dan Sinta Dewi Nazarima. Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Ibu Dra. Rr. Kurniasih Ratri Handayani, M.A., mengapresiasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ yang mengikuti program ini dan kepada 3 mahasiswa yang mendapat kesempatan kuliah di HTWG Konstanz. “Saya sangat mengapresiasi seluruh mahasiswa yang telah ikut serta dalam program ini dan selamat kepada 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ yang berhasil lulus mengikuti Program Double-Degree pada HTWG Konstanz,“ tutupnya.

(NA)