SEDARING MENGENAL BUDAYA ASIA TIMUR KE-1 BUDAYA JEPANG DAN CINA DARI PERSPEKTIF BAHASA DAN PENDIDIKAN

Selasa, 28 Juli 2020. Sedaring Mengenal Budaya Asia Timur merupakan kolaborasi antara Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang dan Program Studi Bahasa Mandarin. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan budaya Asia Timur melalui bahasa dan pendidikan agar dapat menambah wawasan dan informasi mengenai budaya Asia Timur khususnya budaya Jepang dan Cina. Sasaran kegiatan ini adalah pemerhati budaya Jepang dan Cina baik itu dari kalangan dosen, mahasiswa, siswa SMA hingga masyarakat umum.

Sedaring dibuka oleh ketua pelaksana kegiatan yaitu oleh Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. yang pada kesempatan kali ini juga merangkap sebagai moderator. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber dan sesi tanya jawab. Narasumber pertama merupakan dosen sekaligus Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang, Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa unsur terkait budaya Jepang yang wajib disampaikan kepada mahasiswa di dalam kegiatan perkuliahan. Tujuannya tentu saja untuk lebih memahami karakteristik orang Jepang serta budayanya yang melekat dalam setiap interaksi sosial baik itu secara lokal maupun internasional. Dengan begitu pemahaman antar budaya akan terbentuk sehingga hubungan antar kedua negara bisa terjalin dengan baik. Budaya yang wajib disampaikan itu meliputi budaya uchi dan soto (hubungan antar manusia berdasarkan hubungan kedekatan personal, dibedakan menjadi pihak dalam dan pihak luar), budaya jouge kankei (hubungan antara atasan dan bawahan), budaya omotenashi (keramahtamahan dalam melayani tamu sepenuh hati), serta budaya haji (sikap tahu diri/bersikap sesuai yang seharusnya).

Narasumber yang kedua adalah Ayu Trihardini, M.A., dosen sekaligus Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Senada dengan Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed., beliau juga menyampaikan mengenai beberapa kebiasaan orang Cina yang wajib diketahui oleh pemerhati budaya. Dimulai dari kebiasaan mengenai bagaimana orang Cina berinteraksi satu sama lain dengan saling menyapa, bagaimana mereka bereaksi saat diberi pujian, bagaimana mereka memperlihatkan perhatian dengan menanyakan sudah makan atau belum, hingga pola pikir mereka terhadap suatu kegiatan tertentu.

Sedaring ini rencananya akan digelar rutin dengan sistem pelaksanaan bergantian. Sedaring yang pertama dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, sedangkan  sedaring selanjutnya akan dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Metode pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan Zoom dan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube. Untuk sedaring pertama bisa disaksikan ulang melalui tautan: