LOMBA PRESENTASI BERBAHASA JEPANG ANTAR MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SE-JABODETABEK

Pada Sabtu, 5 Oktober 2019 bertempat di Aula Gedung S Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNJ mengadakan Lomba Presentasi Berbahasa Jepang antar Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Jabodetabek. Lomba ini diadakan dalam rangka memeriahkan ­Art, Education, and Culture (ARTEC) Fair ke-9 Fakultas Bahasa dan Seni UNJ.

Lomba presentasi berbahasa Jepang ini merupakan lomba presentasi pertama yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Mengangkat tema “Linguistik, Budaya, dan Pendidikan Bahasa Jepang”, lomba ini diikuti oleh 9 peserta dari 7 kampus se-Jabodetabek, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Darma Persada (UNSADA), Universitas Nasional (UNAS), Universitas Pakuan (UNPAK), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), STBA LIA, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang merupakan tuan rumah pada lomba presentasi ini.

Lomba dimulai pukul 08.35 diawali dengan sambutan dan laporan dari Ibu Eva Jeniar Noverisa, M. Pd., selaku ketua pelaksana. Lalu, sambutan sekaligus pembukaan lomba oleh Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, selaku Dekan FBS UNJ. Dilanjutkan dengan penampilan musik dari grup Audioroom yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Juri lomba presentasi perdana ini terdiri dari Ibu Sato Hiromi, M. A., selaku Japanese Language Expert dari Japan Foundation, Ibu Sano Ayako, Ph. D., dan Ibu Evi Lusiana, M. A. Acara berlangsung dengan baik. Peserta presentasi juga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri dengan baik.

Acara yang dinanti pada pukul 11.20 yaitu pengumuman pemenang lomba. Juara pertama diraih oleh Destia Nurul Faizah dari UHAMKA, juara kedua diraih oleh Candra Rizki Permana dari UNPAK, dan juara ketiga diraih oleh Christian Putra Riandi dari UNSADA. Serangkaian acara lomba presentasi berbahasa Jepang resmi ditutup oleh Ibu Dra. Yuniarsih, M. Hum., M. Ed., selaku Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan diakhiri dengan foto bersama. (DA)