PKMP 2019

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi atau PKMP merupakan program kerja yang dilakukan setiap tahun dan bertujuan untuk melatih kepemimpinan mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Dihadiri oleh 47 peserta dan 52 panitia serta 41 undangan, PKMP 2019 mengangkat tema “HIKARI” dengan sub tema, “Kuatkan Rasa Percaya, Kibarkan Keberanian, untuk Mewujudkan Harapan yang Lebih Baik”. PKMP 2019 terdiri dari 2 rangkaian acara, Pra-PKMP dan PKMP. Pra-PKMP dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 September 2019 bertempat di DE 108, Universitas Negeri Jakarta dan PKMP dilaksanakan pada hari Jumat – Minggu, 11 – 13 Oktober 2019, bertempat di Villa Abah Herman, Bogor.

Pada Pra-PKMP terdapat materi Manajemen Advokasi yang dibawakan oleh Rizky Andika Darmawan, kemudian Mekanisme PEMILU oleh Ryan Fahri Husaini dan juga pembacaan penugasan dan tata tertib serta pengenalan Panitia PKMP 2019.

Kegiatan PKMP di hari pertama yaitu pengondisian keberangkatan menuju Villa Abah Herman, sesampainya di sana, peserta menampilkan apresiasi seni di sekitar api unggun dan setelah itu beristirahat. Hari kedua diisi dengan materi-materi. Diawali materi Kapita Selekta  Eksekutif   dan  Legislatif   yang dibawakan oleh BPH HIMA Pendidikan Bahasa Jepang dan BPM Fraksi Pendidikan Bahasa Jepang.

Setelah itu materi Kepemimpinan dan Public Speaking yang dibawakan oleh Achmad Muad Syaefudin lalu materi Manajemen Organisasi oleh Fasil kelompok masing-masing, presentasi video Kepekaan Sosial dilanjut dengan materi Pergerakan Mahasiswa yang dibawakan oleh Ekky Pratama Djoko Sumartono dan malam harinya ada materi Mekanisme Persidangan yang dibawakan oleh Prayoga Mahaputra Wardi. Setelah semua materi selesai, peserta beristirahat untuk konten hari berikutnya.

Hari ketiga diisi dengan kegiatan untuk mengenal lebih mengenai budaya yang ada di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dan Muhasabah yang dibawakan oleh Fadlan Karim.  Pada kegiatan di hari ketiga ini dikenalkan juga para Senpai yang hadir di PKMP 2019.

Rangkaian PKMP diakhiri dengan pengumuman-pengumuman dan dipilihnya ketua Angkatan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 yaitu Joe Ariska Putra dan I’in Indriyani Agustin untuk memimpin dan mengayomi Angkatan 2019 sampai lulus nanti. Rangkaian PKMP diakhiri dengan kegiatan foto bersama, pengondisian dan perjalanan pulang menuju kampus UNJ.


© HPD PKMP 2019