PKMP 2018

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi atau PKMP merupakan program kerja yang dilakukan setiap tahunnya yang bertujuan untuk melatih kepemimpinan mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Dihadiri oleh 43 peserta dan 64 panitia serta 51 undangan, PKMP 2018 Mengangkat tema “Mamoru” dengan sub tema, “Menjadi Mahasiswa Berdaya Juang Tinggi serta Kooperatif dalam Membangun Kebersamaan”.

PKMP 2018 terdiri 2 rangkaian acara, Pra PKMP dan PKMP. Pra PKMP dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 September 2018 bertempat di DE 108, Universitas Negeri Jakarta dan PKMP dilaksanakan pada hari Jumat – Minggu, 12 – 14 Oktober 2018 bertempat di Villa Abah Herman, Bogor. Pada Pra-PKMP terdapat materi Advokasi yang dibawakan oleh Imam Bagja, kemudian Pemilu oleh Makdiah dan juga pembacaan penugasan dan tata tertib serta pengenalan Panitia PKMP 2018

Kegiatan PKMP di hari pertama yaitu pengondisian keberangkatan menuju Villa Abah Herman, sesampainya disana, peserta menampilkan apresiasi seni di sekitaran api unggun dan setelah itu beristirahat. Hari kedua diisi dengan materi-materi. diawali materi kapita selekta eksekutif dan legislatif yang dibawakan oleh BPH Hima Jepang dan BPM Fraksi Pendidikan B. Jepang. Setelah itu materi public speaking yang dibawakan oleh Sukesta Mohammad lalu materi event organization dengan fasil kelompok masing-masing, diskusi hasil video kepekaan sosial dilanjutkan dengan materi pergerakan mahasiswa yang dibawakan oleh Latu Caraka dan malam harinya ada materi persidangan yang dibawakan oleh Dwi Juliani.

Hari ketiga diisi dengan kegiatan untuk mengenal lebih jauh seperti apa budaya yang ada di prodi pendidikan Bahasa Jepang dan Muhasabah yang dibawakan oleh Hery Samtani S.Pd. Pada Kegiatan di hari ketiga ini juga telah terpilih ketua angkatan 2018 yaitu Galing Akbar dan Nanditta Salvarina untuk memimpin dan mengayomi angkatan 2018 sampai lulus nanti. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pengenalan para senpai dari 2006 sampai 2016 yang hadir pada PKMP 2018 lalu perjalanan pulang kembali menuju kampus UNJ.