Kali ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PSPBSI) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan abdimas dilaksanakan di Prodi dengan mengundang sasaran abdimas datang ke UNJ, sementara pada tahun 2016, dosen dan mahasiswa PSPBSI-lah yang mendatangi lokasi abdimas.

Kegiatan abdimas pada 2016 ini mengambil tema Program Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Kurikulum 2013 di SDN Cinyosog 01 Cileungsi. Pada 17 September 2016 menjadi awal program Ini dilaksanakan. Pada pukul 09.00-12.30 WIB dilaksanakan Seminar sehari Launching Project Program Gerakan Literasi Sekolah di ruangan Kelas I SDN Cinyosog 01 Cileungsi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua Prodi PBSI, N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling) sebagai pimpinan penyelenggara kegiatan abdimas. Kemudian sambutan pihak sekolah sebagai sasaran abdimas disampaikan oleh Kepala SDN Cinyosog 01 Cileungsi, Onong, S.Pd. dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas yang diwakili oleh Pengawas SDN di Gugus 4 Kecamatan Cileungsi, Usman, M.Pd..

Seminar Sehari Launching Project mengenai konsep Gerakan Literasi Sekolah dengan dasar Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 disampaikan oleh Kaprodi PBSI kepada peserta, yang meliputi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Para Guru. Para peserta aktif bertanya dan menanggapi isi permendikbud yang dipaparkan narasumber. Seminar ini menjadi awal rangkaian kegiatan Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Cinyosog 01 Cileungsi. (NLM)