Pelatihan Peningkatan Keterampilan dan Teknik Instruksional (Pekerti) bagi Dosen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan Pada Selasa, 18 Februari 2020, Pukul 08.00-16.00, di Aula Lantai 5, University Training Center (UTC), UNJ. Kegiatan tersebut dihadiri dosen CPNS Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yaitu Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum., Ibu Etsa Purbarani, M.Pd., dan Ibu Reni Oktaviani, M.Pd.

Narasumber dalam sesi pertama ini yaitu Bapak Dr. Gugum Gumelar, M.Si., memaparkan tentang Teori Belajar, Pembelajaran, dan Motivasi. Materi yang dijelaskan tentang teori belajar yang meliputi behaviorisme, kognitivistik, humanistik, dan konstruktivisme. Sesi kedua, Bapak Dr. Rusmono, M.Pd., menjelaskan tentang Desain Instruksional. Materi ini juga memaparkan tentang desain pembelajaran yang meliputi analisis kebutuhan pembelajaran, analisis instruksional, menyusun peta kompetensi, identifikasi karakter, dan perilaku awal peserta didik.

Narasumber sesi ketiga yaitu Bapak Dr. Asep Supena, M.Psi., membahas tentang langkah-langkah membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dalam membuat RPS, hal yang perlu diperhatikan yaitu tujuan, materi, proses, dan evaluasi. CPL mencakup sikap, keterampilan umum, pengetahuan, dan keterampilan khusus. (RO)