Pelatihan PKM dan Sosialisasi PMW

 “Mewujudkan Generasi Kreatif, Produktif, dan Berjiwa Wirausaha”

Setiap individu pasti merasakan kebahagiaan ketika menjalani sebuah hari yang indah dan membawa manfaat bagi dirinya dan juga bagi orang lain. Begitulah kebahagiaan yang terpancar jelas di wajah para peserta ketika mengikuti acara Pelatihan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Sosialisasi Pelatihan Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Acara PKM dan PMW ini diadakan pada Sabtu,10 September 2016 di Aula S. Acara tersebut dihadiri oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dosen Pembimbing BEMP PBSI Rahmah Purwahida M.Hum., serta Panitia Acara dari BEMP PBSI. Acara PKM dan PMW ini berlangsung dari pukul 07.00 sampai 13.10. Acara tersebut dipewarai Desi dan Alfia, serta dibuka secara resmi sekaligus sambutan oleh Dosen Pembimbing BEMP PBSI.

Delia Paramita, S.Pd. kembali diminta menjadi narasumber pelatihan PKM. Beliau ialah alumni Prodi PBSI. Ketika menjadi mahasiswa, Delia pernah berprestasi didanai Dikti dalam menghasilkan produk PKM yaitu papan media pembelajaran bagi  mahasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Delia setiap tahun diminta menjadi narasumber pelatihan penyusunan Proposal Kreativitas Mahasiswa di FBS dan Prodi PBSI. Materi yang diberikan tentang sistematika proposal, tata cara upload, serta pengalaman dan tips lolos Pimnas.

Pelatihan Kreativitas Mahasiswa meliputi 7 kegiatan. Kegiatan tersebut yakni Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P), Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T), Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC), Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan Pelatihan Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Materi Pelatihan Mahasiswa Wirausaha disampaikan oleh Imam Bukhori. Beliau menyampaikan tentang pengalaman usaha yang digeluti serta kiat sukses untuk berwirausaha. Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengikuti acara dengan sangat antusias. Tepuk tangan yang meriah diberikan oleh para peserta acara sebagai bentuk apreasiasi terhadap para narasumber yang menambah wawasan pengetahuan serta menumbuhkan motivasi untuk kreatif, produktif, dan berjiwa wirausaha.

Setelah para narasumber memberikan materi dan semangat yang luar biasa, selanjutnya mahasiswa baru dibagi ke dalam beberapa kelompok. Mahasiswa tersebut didampingi oleh tentor dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  angkatan tahun 2013,  kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing, dan lima kelompok terbaik mendapatkan hadiah yang sangat menarik.

Ada pepatah mengatakan “Waktu adalah Uang”. Pepatah tersebut menyadarkan setiap insan di bumi bahwa kita harus mempergunakan waktu dengan baik dan mengisinya dengan hal-hal positif. Demikianlah acara Pelatihan Kreativitas Mahasiswa dan Pelatihan Mahasiswa Wirausaha yang berlangsung di tingkat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mewujudkan generasi kreatif, produktif, dan berjiwa wirausaha.Pelatihan PKM dan Sosialisasi PMW “Mewujudkan Generasi Kreatif, Produktif dan Berjiwa Wiwausaha”. (Kris)