Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Writing Supercamp (WSC) untuk mata kuliah Keterampilan Menulis Kritis Ilmiah. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini wajib mengikuti WSC ke Badui. WSC ini dibimbing langsung oleh dosen pengampu mata kuliah ini, Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, S.Pd., M.Si. Kegiatan WSC ini dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 13-14 Desember 2019, pukul 06.00-selesai.

Kegiatan ini diawali dengan pelepasan sebelum berangkat ke Badui yang dipimpin oleh Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, S.Pd., M.Si. Hadir pula dosen PBSI, Ibu Reni Oktaviani, M.Pd.,  dan Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M. Hum. Setelah pelepasan selesai, dosen dan mahasiswa menuju ke Badui. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan sekitar 4 jam. Mahasiswa melakukan survei lokasi dan observasi ke wilayah sekitar Badui pada Jumat sore. Data yang diambil berupa wawancara dengan warga setempat. Malam harinya, dosen pengampu mata kuliah ini, Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, S.Pd., M.Si., memberikan materi dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Sabtu pagi mahasiswa melakukan survei dan observasi ke sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengambil data yang akan dijadikan jurnal untuk mahasiswa tingkat III. Sebanyak 21 mahasiswa yang mengikuti WSC ke Badui ini mengambil data yang berbeda-beda. Siang harinya, dosen dan mahasiswa kembali ke UNJ. (ro)