Pada Senin, 9 Desember 2019, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) angkatan 2019 mengadakan pertunjukan Berbalas Pantun. Pertunjukan tersebut dilaksanakan pada pukul 08.00-12.00 WIB di ruang Q.102, Gedung Q Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pertunjukan berbalas pantun yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Prodi PBSI tahun pertama ini merupakan salah satu pemenuhan kewajiban tugas pada mata kuliah Apresiasi Puisi yang diampu oleh Dra. Sri Suhita, M.Pd.

Acara tersebut dihadiri oleh Dra. Sri Suhita, M.Pd. dan Etsa Purbarani, M.Pd. sebagai penilai penampilan para kelompok mahasiswa. Pertunjukan pertama diawali oleh mahasiswa Kelas 1PB1 yang menampilkan enam kelompok pantun dalam tiga putaran berbalas pantun. Putaran pertama menampilkan aktivitas berbalas pantun muda-mudi antara Kelompok Keujanan dan Kelompok Ikan Asin Galau yang dipimpin oleh Wasit Iqbal. Selanjutnya, putaran kedua menampilkan berbalas pantun teka-teki antara Kelompok Selendang Ayang dan Kelompok Onde-Onde. Putaran tersebut dipimpin oleh Wasit Danar. Putaran ketiga menampilkan berbalas pantun nasihat oleh Kelompok Kerak Telor melawan Kelompok Si Pitung. Putaran terakhir itu dipimpin oleh Wasit Fahmi.

Setelah pertunjukan pertama oleh kelas 1PB1 selesai, pertunjukan berbalas pantun dilanjutkan oleh kelas 1PB2. Sama seperti kelas sebelumnya, kelas 1PB2 juga menampilkan enam kelompok pantun dalam tiga putaran berbalas pantun. Putaran pertama menampilkan berbalas pantun nasihat oleh Kelompok Cingcangkeling melawan Kelompok Bunga Seroja dan dipimpin oleh Wasit Prada. Kemudian, putaran kedua menampilkan berbalas pantun teka-teki. Pantun teka-teki tersebut ditampilkan oleh Kelompok Rojali dan Kelompok Bunga Kelapa serta dipimpin oleh Wasit Diva. Putaran terakhir menampilkan pantun muda-mudi antara Kelompok Jakarte Punye dan Kelompok Padepokan Mpok Yati. Putaran tersebut dipimpin oleh Wasit Raka. (et)