Setiap tahunnya, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan lokakarya untuk mata kuliah Keterampilan Berbicara Interpersonal. Kali ini mahasiswa yang mengampu mata kuliah tersebut menyelenggarakan Lokakarya Pembuatan Vlog yang bekerja sama dengan Museum Nasional.  Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 30 November 2019, pukul 09.00-17.00 di Auditorium B Museum Nasional Indonesia.

Lokakarya tersebut diawali dengan doa dan sambutan ketua pelaksana, Halimah.  Kemudian Lokakarya tersebut dibuka secara resmi oleh Dosen Pengampu mata kuliah Keterampilan Berbicara Interpersonal, Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Selain itu, sambutan dari pihak Museum Nasional Indonesia, Bapak Aep Saifullah, serta menjelaskan tentang Museum Nasional Indonesia dan diakhiri dengan kuis berhadiah dari pihak museum. Tidak ketinggalan, sambutan sekaligus materi oleh Candrian Attahiyat. Beliau memaparkan tentang ide dalam pembuatan vlog.

Lokakarya ini merupakan bagian dari mata kuliah Keterampilan Berbicara Interpersonal. Dosen pengampu mata kuliah ini yaitu Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, S.Pd., M.Si. dan Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Narasumber utama lokakarya tersebut yaitu Founder Betawi Channel dan Pimpinan Perusahaan Media Depok Pos, Bapak Setyohadi Wiratmoko. Materi yang disampaikan dalam lokakarya ini yaitu teknik pengambilan gambar menggunakan gawai dan handycam serta perangkat penunjang yang dibutuhkan dalam pembuatan vlog. Selain itu, para mahasiswa diajarkan cara menyunting video dan aplikasi yang dipakai.

Sebanyak 30 mahasiswa yang dibagi menjadi 11 kelompok membuat rekaman video di tempat-tempat yang ditentukan. Setelah itu, menyunting sehingga menjadi sebuah vlog yang layak untuk ditonton oleh orang lain dan vlog tersebut dinilai oleh narasumber. Narasumber memilih tiga kategori pemenang dalam pembuatan vlog yaitu video tercepat saat pengumpulan, video dengan ide kreatif, dan video yang paling ekspresif. Lokakarya ini diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan foto bersama. (ro)