Pergelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2019

Setiap tahunnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ bersinergi dengan prodi untuk menyelenggarakan peringatan Hari Guru. Tahun 2019 ini, peringatan Hari Guru dirayakan pada Jumat, 29 November 2019, pukul 13.00-21.00 di Aula Latif Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ. Peringatan Hari Guru ini dikemas dalam bentuk Pergelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Gelar Diksi) yang sekaligus menjadi program terakhir BEMP PBSI dan Prodi PBSI FBS UNJ di jelang penghujung tahun.

Setiap tahunnya, Prodi PBSI akan meluncurkan beberapa buku dan memberikan sertifikat penghargaan bagi para mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, bakat, dan minat dalam kurun setahun. Tahun 2019 ini, terdapat 20 mahasiswa yang meraih penghargaan tersebut. Sertifikat diberikan oleh Koorprodi PBSI beserta para dosen yang hadir. Sementara para tahun 2019 ini, terdapat tiga buku yang diluncurkan, yaitu Buku Antologi Puisi Tentang Guru Karya Dosen dan Alumni Prodi PBSI FBS UNJ; Buku Antologi Puisi Tentang Guru Karya Mahasiswa Angkatan 2019; dan Buku Kapita Selekta Pengaman Mengajar Mahasiswa di Sekolah PKM. Ketiga buku tersebut diluncurkan oleh Koorprodi PBSI Periode 2019-2023 Ibu Sintowati Rini Utami, Koorprodi PBSI Periode 2015-2019 Ibu N. Lia Marliana, dan dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Puisi Ibu Sri Suhita.

Kegiatan Gelar Diksi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FBS UNJ Bapak Syamsi Setiadi ini mengusung tema “merangkai cinta dan cerIta melalui jiwa cendekia”. Prodi PBSI turut mengundang para guru Bahasa Indonesia dari 10 sekolah mitra PPG di Jakarta. Tampak hadir, para guru dari SMPN 216, SMAN 8, dan SMKN 40. Mereka bersama para dosen memperoleh setangkai bunga mawar merah dan cenderahati dari Prodi dan BEMP PBSI sebagai tanda apresiasi kepada para guru (dan dosen) yang selama ini telah mengabdi mencerdaskan siswa dan mahasiswanya.

Gelar Diksi 2019 yang diketuai Setyo ini juga menyuguhkan persembahan musikalisasi puisi, drama musikal, tari, lagu oleh mahasiswa Prodi PBSI, Prodi Pendidikan Tari, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, serta band musik Kabar Burung, Dendang Sore, dan Zathera (mahasiswa dan alumni Prodi PBSI, Prodi Sasindo, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis), serta band tamu dengan vokalis Elnanda Utomo. Pagi hingga siang harinya, sebelum dimulai Gelar Diksi, diadakan Seminar Kelas Kecantikan oleh penaja utama kegiatan Gelar Diksi, yaitu Wardah. Kegiatan Gelar Diksi yang dipewarai Nauval dan Nurul ini berlangsung hingga pukul 21.00 dengan kesemarakan musik yang dialunkan Elnanda Utomo. (nlm)