RAPAT FAKULTAS BAHASA DAN SENI: PEMBENTUKAN PUSAT KAJIAN BAHASA, PUSAT KAJIAN SENI, REORGANISASI JURNAL FBS, DAN PEMBENTUKAN PROGRAM KERJA PUSAKE BETAWI

Pada Senin, 11 November 2019, diadakan rapat tentang Keputusan Jurnal FBS, Pembentukan Pusat Kajian Bahasa FBS, Pembentukan Pusat Kajian Seni FBS, serta Pembentukan Program Kerja Pusake Betawi di Ruang Sidang E.214, Gedung E Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, Wakil Dekan I, Dr. Ifan Iskandar, M.Hum., Wakil Dekan II, Dr. Dian Herdianti, M.Pd., Wakil Dekan III, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd., dan dosen-dosen CPNS serta beberapa dosen senior di lingkungan FBS UNJ. Selain itu, hadir pula Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd. sebagai Ketua Pusake Betawi dan Dr. Subur Ismail, M.Pd., sebagai Chief Editor Jurnal Alinea serta narasumber untuk Jurnal Artistika, jurnal bahasa dan jurnal seni yang dikelola oleh FBS. Pada rapat tersebut, Program Studi (Prodi)  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) diwakili oleh salah dosen CPNS, yaitu Etsa Purbarani M.Pd.

 

Rapat dibuka dengan sambutan dari Dekan FBS dan dilanjutkan dengan pemaparan agenda rapat yang dipimpin oleh Wakil Dekan I FBS, Dr. Ifan Iskandar, M.Hum., yaitu untuk membentuk Pusat Kajian Bahasa dan Pusat Kajian Seni yang berada dalam pengelolaan FBS. Selain pembentukan kedua pusat kajian tersebut, rapat juga akan membahas tentang pembentukan ulang struktur kepengurusan jurnal bahasa dan jurnal seni FBS serta pembentukan program kerja Pusake Betawi. Dua dosen CPNS Prodi PBSI, yaitu Etsa Purbarani, M.Pd. dan Reni Oktaviani, M.Pd. turut dilibatkan menjadi anggota pusat kajian dan jurnal yang dikelola oleh FBS. Etsa Purbarani, M.Pd. terpilih menjadi anggota Pusat Kajian Bahasa FBS bersama Marlina, M.Pd., Yunilis Andhika, M.Li. (Prodi Pendidikan Bahasa Prancis), Fauzan Adhima, M.Pd. (Prodi Pendidikan Bahasa Jerman), Dwi Linda Kusuma, M.Hum. (Prodi Sastra Inggris), dan Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. (Prodi Pendidikan Bahasa Arab). Selanjutnya, Reni Oktaviani, M.Pd. terpilih menjadi penyunting untuk jurnal seni FBS bersama Dani Nur Saputra, M.Sn. (Prodi Pendidikan Musik) dan Aldhila Mifta Firdhani, M.Pd. (Prodi Pendidikan Musik) dan diketuai oleh Romi Nursyam, M.Sn. (Prodi Pendidikan Tari). Selain itu, pada rapat tersebut juga diungkapkan salah satu strategi dalam road map penelitian dan pengabdian kepada masyarakat FBS untuk mengkaji serta mempelajari kebudayaan Betawi. Oleh karena itu, program kerja Pusake Betawi diarahkan untuk mendukung strategi tersebut. (et)