Hampir empat ribu wisudawan D3, S1, S2, dan S3 yang diwisuda pada Selasa, 6 September 2016 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Utara. Oleh karena banyaknya wisudawan, UNJ membagi acara wisuda pada dua sesi, yaitu sesi pagi pukul 7.30-11.00 dan sesi siang pukul 13.30-17.00.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mendapat kesempatan wisuda pada sesi siang. Semua Kaprodi se-FBS berangkat bersama-sama menuju lokasi wisuda. Para Kaprodi ditempatkan duduk di bagian tepi kanan dari atas panggung tempat Senat Guru Besar UNJ duduk.

Diawali dengan prosesi Senat Guru Besar UNJ memasuki tempat upacara wisuda. Semua prosesi dilaksanakan dengan khidmad. Rektor pun berpidato memaparkan semua hal tentang keunggulan UNJ, termasuk prestasi yang berhasil dicapai mahasiswa UNJ.

Dari FBS, dua  wisudawan, yaitu Ayu Atika Ambarsari dan Nur Hasanah  disebutkan namanya oleh Rektor sebagai peraih special award dalam ITEX 2016 di Kuala Lumpur Malaysia oleh Thailand dan Malaysia. Hal ini merupakan kebanggaan yang menggembirakan tidak hanya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), juga kebanggaan sivitas akademika di FBS. Selain itu, Prodi PBSI pun bangga karena salah satu wisudawannya, kembali mewakili seluruh wisudawan di FBS untuk membacakan pidato wisudawan, yaitu Devi Gesyiah. Wisudawan Prodi PBSI memang selalu diminta mewakili FBS.

Setelah prosesi wisuda UNJ selesai, dilaksanakanlah prosesi wisuda fakultas. Di sini, para Dekan dan wakil-wakilnya, beserta seluruh Ketua Prodi berdiri di depan menempati posisi fakultas masing-masing. Dekan FBS memindahkan tali kuncir topi toga seluruh wisudawan dan memberikan map berisi ijazah kepada wisudawan didampingi para wakil dekan dan kaprodi.

Prodi PBSI mewisuda 97 lulusan. Jumlah ini merupakan angka terbesar se-FBS. Kaprodi PBSI, N.Lia Marliana, M.Phil.(Ling) turut hadir dan menyalami seluruh wisudawan dari Prodi PBSI. Jabat salam dan peluk penuh haru dan bangga menyelimuti Kaprodi dan wisudawan Prodi PBSI. Harapan dan doa terbaik Kaprodi terhadap wisudawan agar kelak mereka menjadi alumni yang sukses dan bergina bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta dapat kembali memajukan dan membanggakan almamaternya, Prodi PBSI FBS UNJ. (NLM)