Pada Selasa, 12 November 2019, pukul 08.30-15.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8 UNJ dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi Nasional dengan tema Model PPG di Indonesia: Sebuah Refleksi Kritis. Kegiatan ini diselenggarakan oleh LP3M UNJ. Kegiatan forum diskusi yang dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ ini, dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan, yaitu pimpinan UNJ, pimpinan fakultas dan prodi di UNJ, pengelola PPG UNJ dan berbagai LPTK, dosen, kepala dinas, kepala sekolah, guru, mahasiswa, dan alumni PPG. Narasumber kegiatan ini yaitu Direktur Pembelajaran Dirjen Belmawa Kemendikbud Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.; Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Dirjen GTK Kemendikbud Bapak Dr. Praptono, M.Ed.; Ketua Panitia Nasional UKMPPG Bapak Prof. Syafal Gultom, M.Pd.; Ketua Forum Komunikasi LPTK Penyelenggara PPG Bapak Dr. A.G. Tamrin, M.Pd., M.Si.; dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ibu Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. Tampak hadir Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana dan Koordinator PPG Prodi PBSI FBS UNJ Ibu Siti Ansoriyah.

Pada sesi pertama, Forum Diskusi Nasional mengusung topik kebijakan PPG oleh Ibu Paristiyanti, kemudian Bapak Syawal Gultom membahas tentang Guru Profesional, lalu Ibu Unifah tentang Mencari Format PPG Daljab. Moderator pada sesi pertama ialah Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi Bapak Dr. Khaerudin. Animo peserta sangat tinggi terlihat respons yang luar biasa terhadap para narasumber dan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Apalagi, ada satu informasi yang sangat menggembirakan bagi para calon peserta PPG Prajabatan pada 2020 bahwa terdapat 12% dari 25rb peserta PPG Prajabatan mandiri akan mendapat beasiswa bidikmisi PPG.

Pada sesi kedua, dua narasumber diundang memaparkan materi tentang Refleksi PPG oleh Bapak Tamrin dan Ibu Elvira mewakili Bapak Praptono dari Dirjen GTK. Moderator sesi kedua yaitu Bapak Daryanto. Bapak Tamrin mengangkat empat refleksi pelaksanaan kegiatan PPG dan Ibu Elvira membahas Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik. Setelah sesi pleno kedua narasumber ini, kemudian semua peserta terlibat diskusi dalam forum bersama narasumber mengenai beberapa topik, di antaranya: Kurikulum PPG, Sistem Rekrutmen PPG, dan Pengelolaan Keuangan PPG hingga pukul 15.30. (nlm)