Pada Senin, 11 November 2019, pukul 14.00-16.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 5 UNJ dilaksanakan kegiatan briefing/taklimat kegiatan Uji Kinerja (Ukin) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Angkatan V bagi empat program studi (prodi) penyelenggara PPG tahap kelima di UNJ. Kelima prodi yang diundang, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Geografi. Keempat prodi ini dihadiri oleh para dosen dan guru penguji dari berbagai sekolah mitra UNJ. Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M UNJ Bapak Khaerudin ini menghadirkan sekitar 50 peserta dari guru dan dosen.

Dari Prodi PBSI tampak hadir Koordinator Prodi PBSI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana, Koordinator PPG Prodi PBSI Ibu Siti Ansoriyah, dan dosen Prodi PBSI Ibu Sri Suhita. Ketiganya merupakan dosen penguji UKin Tahap V. Guru penguji yang hadir di antaranya Ibu Desky Wahyuni dari SMKN 40 Jakarta Timur, Ibu Feni dari SMPN 99 Jakarta Timur, Bapak Slamet Sugiharto dari SMPN 4 Jakarta Pusat, Bapak Ahmad Mulyadi dari SMP Labschool Rawamangun Jakarta Timur, Ibu Henik Karjati dari SMPN 255 Jakarta Timur, dan Bapak Sunardi dari SMAN 31 Jakarta Timur. Mereka hadir hingga kegiatan taklimat usai pada pukul 16.00. Taklimat disampaikan oleh Penyelia Pusat UKMPPG Bapak Eded, dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Taklimat UKin ini membahas konsep UKin, syarat-syarat UKin, syarat-syarat guru dan dosen penguji UKin, kewajiban peserta UKin, kewajiban penguji UKin, hal-hal yang merupakan pelanggaran ringan-sedang-berat dan sanksinya, kejadian-kejadian dalam pelaksanaan UKin selama ini, serta instrumen penilaian UKin. Semua materi ini disampaikan secara singkat, padat, dan jelas oleh Penyelia Pusat mewakili Panitia Nasional UKMPPG. Sayangnya, terdapat tiga dosen penguji UKin dari Prodi PBSI FBS UNJ yang berhalangan hadir. (nlm)