Pada Rabu-Kamis, 23-24 Oktober 2019, pukul 09.00-22.00 di Hotel Sahira, Bogor, dilaksanakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) dan Workshop Konsorsium Riset Perguruan Tinggi. Kegiatan ini melibatkan lima LPTK di Indonesia, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan ini berangkat dari penelitian perguruan tinggi yang berjudul Pengembangan Media Mobile Learning melalui Mata Kuliah Umum (MKU).

UNJ dipimpin oleh Ketua LPPM, Bapak Ucu Cahyana, dipercaya untuk melakukan Riset Mobile Learning untuk mata kuliah Bahasa Indonesia dan PPKN. Dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana bersama salah seorang dosen MKU Bahasa Indonesia dari Prodi PBSI, Ibu Siti Ansoriyah, dilibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNJ untuk mengembangkan media mobile learning ini. Beberapa kali diskusi kelompok terpumpun telah dilakukan oleh tim peneliti di dalam UNJ hingga akhirnya pada 23-24 Oktober 2019, kelima LPTK berkumpul untuk melakukan Workshop Konsorsium Riset Perguruan Tinggi.

Pada Workshop ini, Prodi PBSI menyelesaikan pengembangan media mobile learning untuk Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Materi disajikan dalam bentuk tayangan powtoon, video pembelajaran, dengan aplikasi hot potatoes, dan google classroom. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan MKU Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini pun berakhir pada Kamis, 24 Oktober 2019 pukul 11.00. (nlm)