Pada Sabtu dan Minggu, 2-3 November 2019, di Hotel Sahira Bogor dilaksanakan kegiatan Workshop Penyamaan Persepsi dan Review Bahan Ajar Pekerti dan Applied Approach oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNJ. Kegiatan ini mengundang 49 dosen yang di dalamnya termasuk di dalamnya 11 narasumber dan 38 peserta dosen di UNJ. Peserta kegiatan tersebar pada semua fakultas, di antaranya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Dari FBS, tiga dosen terlibat, yaitu Bapak Muchlas Suseno sebagai narasumber, Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Ibu N. Lia Marliana, dan 

Koorprodi Pendidikan Tari Ibu Dwi Kusumawardani. 

Pada kesempatan ini, Prodi PBSI FBS UNJ dilibatkan menjadi salah satu narasumber Pekerti dan AA. Pekerti adalah Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional, sedangkan AA merupakan program Applied Approach. Kedua program tersebut bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. 

Prodi PBSI FBS UNJ bersama enam prodi lainnya di UNJ tercatat pernah memperoleh Hibah Kurikulum dan menjadi model praktik baik dalam Implementasi Kurikulum Prodi pada 2016-2018. Hal ini menjadi alasan 

Koorprodi PBSI FBS UNJ yang terlibat dalam kegiatan Hibah Kurikulum pun terlibat sebagai peserta Kegiatan Workshop Penyamaan Persepsi dan Review Bahan Ajar Pekerti dan Applied Approach ini. 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I UNJ dan dipandu oleh Ketua LP3M Bapak Muhammad Zid dan Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas Bapak Asep Supena. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan presentasi dan persamaan persepsi tentang materi Pekerti dan AA dari pukul 16.00-22.30. Selanjutnya pada hari kedua, kegiatan workshop diisi dengan kerja tim dan pendalaman materi pada 11 bidang. Koorprodi PBSI FBS UNJ terlibat pada dua tim bidang model-model pembelajaran yang inovatif di bawah koordinasi Bapak Muchlas Suseno serta tim praktik mengajar dan presentasi RPS di bawah koordinasi Ibu Gusti Yarmi. Nantinya, semua peserta harus siap menjadi narasumber kegiatan Pekerti dan AA yang diselenggarakan UNJ. (nlm)