Penulis skenario Rahasia ilahi, Rahmat Ilahi, Manusia Bersisik, Allah Mahabesar, serta lebih dari 500 judul skenario televisi dan film ini berbagi pengalamannya dalam Bengkel Penulisan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ pada Senin, 28 Oktober 2019, pukul 13.00-16.00 di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ. Beliau ialah alumnus Prodi PBSI FBS UNJ (dahulunya IKIP Jakarta) angkatan 1985. Ening Sumadiningrat yang lebih akrab disapa Madin Tiyasawan ini memang alumnus yang berbakat menulis. Kiat beliau selama ini adalah “menulis, menulis, dan terus menulis”.
Jangan menunda hingga satu hari untuk menulis dan mengedit dilakukan jika karya sudah jadi.

Selain Ening Sumadiningrat, dihadirkan pula narasumber Bengkel Penulisan, yang tidak kalah hebatnya dalam menulis, yaitu Syarifudin Yunus. Beliau ialah Alumnus Prodi PBSI FBS UNJ (dahulunya IKIP Jakarta) angkatan 1989 dan merupakan Ketua Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Ika Bindo) FBS UNJ. Beliau adalah sosok pegiat literasi yang mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak. Beliau berbagi kiat menulis diawali dari membaca. Pengalaman, perasaan, dan pengetahuan bersinergi untuk dapat menghasilkan tulisan. Beliau membimbing tahap demi tahap proses menulis berita untuk laman prodi atau fakultas dengan cara yang mudah dan praktis, dengan “Adikasimba”. Para dosen CPNS yang hadir di antara 100 peserta ini pun mempraktikkan menulis berita untuk laman prodinya masing-masing.

Kegiatan Bengkel Penulisan ini dimoderatori mahasiswa Prodi PBSI, Suwandi. Kegiatan ini pun berakhir pada pukul 16.00 dengan pemberian cendera mata oleh Koordinator Prodi PBSI FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana kepada kedua narasumber, didampingi oleh para dosen Prodi PBSI yang setia hadir hingga acara selesai. (nlm)