Setelah menjalani kegiatan daring selama dua bulan, lokakarya tatap muka selama 3 minggu, PPL di sekolah mitra selama 3 minggu, Uji Kinerja (UKin), dan Uji Pengetahuan (UP), pada Sabtu, 28 September 2019, pukul 16.00-18.00, dilaksanakan kegiatan Pelepasan Mahasiswa PPG dalam Jabatan Angkatan III Tahun 2019 UNJ di Aula UPT Perpustakaan UNJ. Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi LP3M UNJ Bapak Khaerudin. Turut hadir Tim Pengelola Prodi PPG yaitu Bapak Dudung, Bapak Darsjef, Bapak Daryanto; Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ibu N. Lia Marliana, dan Bapak Abrar Koordinator PPG Prodi Pendidikan Sejarah.

Pada kesempatan ini, Ibu Lia dan Bapak Abrar secara simbolis membuka kalung identitas mahasiswa PPG Daljab Angkatan III dari perwakilan dua mahasiswa PPG yang tampil ke depan. Hal ini menandakan secara resmi semua mahasiswa telah dilepas sebagai mahasiswa PPG dan kini menjadi lulusan PPG Daljab Angkatan III tahun 2019 UNJ. Demikian pula pada mahasiswa PPG Daljab Angkatan III mapel Bahasa Indonesia yang selama ini di bawah Prodi PBSI FBS UNJ.

Sebanyak 26 mahasiswa PPG ini telah menjalani UP di tiga lokasi, yaitu Pustikom UNJ, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi, dan Laboratorium Komputer di SMP Labschool UNJ pada Sabtu, 28 September 2019 pukul 13.00-15.00 dan kini telah resmi dilepas oleh LP3M UNJ sebagai lulusan PPG Daljab Angkatan III UNJ. Namun, sayangnya terdapat satu rombongan peserta PPG yang tidak mengikuti pelepasan. Mereka adalah mahasiswa yang mengikuti UP di SMP Labschool. Kegiatan UP di sana terkendala jaringan internet yang rusak sehingga UP baru bisa dilaksanakan pukul 16.00. Hal ini berarti mereka tidak dapat mengikuti kegiatan pelepasan pada waktu bersamaan dan akhirnya diwakili oleh mahasiswa yang telah jalani UP di UNJ. (nlm)